Jawa Pos

KPR Mikro untuk MBR

Maksimal Rp 75 Juta, Cicilan Rp 15 Ribu/Hari

-

GRESIK – Program kredit kepemilika­n rumah (KPR) mikro bakal di- launching akhir bulan ini. Namun, gaungnya sudah menjadi rasan-rasan masyarakat daerah. Warga menanti program yang menyasar pekerja berpenghas­ilan tidak tetap tersebut. Nilai pinjaman dari perbankan maksimal Rp 75 juta. Untuk melunasiny­a, masyarakat hanya perlu menyetor Rp 15 ribu per hari.

Branch Manager Bank BTN Kantor Cabang Gresik Iwan Purwanto mengaku telah mendengar wacana tersebut. Saat ini pihaknya mulai membahas persiapan. BTN Gresik sedang memetakan segmen dari kebijakan anyar itu. ’’ Di Gresik, pasarnya lumayan banyak. Pedagang pasti membeludak,’’ katanya saat ditemui di ruangannya kemarin (17/2).

Saat ini masih banyak pedagang kecil yang belum memiliki rumah. Jumlah petani dan nelayan yang numpang tinggal juga tak sedikit. ”Program ini bisa dimanfaatk­an untuk membeli rumah,” lanjutnya.

Iwan memastikan, tidak semua pekerja informal bisa menikmati program tersebut. Masyarakat berpenghas­ilan rendah (MBR) harus tergabung dalam suatu paguyuban. Syarat itu diberlakuk­an untuk mengantisi­pasi kredit macet. ’’Untuk waktu pelunasan, maksimal 10 tahun. Tapi, tetap dikontrol,’’ lanjutnya.

Namun, kata Iwan, program tersebut mungkin masih sulit dijalankan di Gresik. Sebab, harga tanah di Kota Giri semakin melejit. Saat ini nyaris tidak ada lahan yang nilainya murah. ’’Padahal, maksimal pinjaman Rp 75 juta,’’ ucapnya. Meski begitu, dia mengaku tetap optimistis. Sebab, pinjaman tidak hanya diperuntuk­kan membeli rumah. ”Masyarakat bisa memanfaatk­an untuk renovasi hunian,” imbuhnya.

KPR subsidi dan mikro memang populer. Namun, pihaknya tidak hanya berfokus pada dua program tersebut. KPR nonsubsidi juga bakal digarap karena realisasin­ya cukup potensial di Gresik. Kota Pudak menjadi pasar penjualan perumahan menengah ke atas. Bahkan, harga perumahan di atas Rp 1 miliar masih laris. ’’ Target untuk KPR nonsubsidi mencapai Rp 500 miliar pada tahun ini. Kami optimistis bisa memenuhiny­a,’’ imbuhnya. (hen/c21/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia