Jawa Pos

NEW ERTIGA DIESEL HYBRID IRIT DAN BERTENAGA

-

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirk­an inovasi baru di segmen low multi purpose vehicle (L-MPV), yakni New Ertiga Diesel Hybrid sebagai Gear to Elevate Anda. Kendaraan tersebut merupakan L-MPV pertama di Indonesia yang menggunaka­n teknologi diesel hybrid sehingga tenaga mesin dan efisiensi bahan bakar semakin meningkat.

Melalui mobil ini, Suzuki kini memperkena­lkan “Gear” sebagai sebuah konsep baru yang memiliki banyak arti. “Gear” adalah tentang pilihan terpenting dalam hidup kita. “Gear” adalah senjata kita, bukan hanya sebagai sebuah alat atau penampilan tapi partner untuk menaklukka­n tantangan setiap hari, sekaligus menunjukka­n siapa diri kita.

’’Peluncuran New Ertiga Diesel Hybrid ini merupakan upaya kami untuk terus memberikan inovasi kepada masyarakat di Indonesia. Teknologi hybrid yang disematkan pada Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid ini merupakan yang pertama di kelasnya. Diharapkan dengan peluncuran ini, masyarakat Indonesia dapat merasakan langsung teknologi terbaru dengan harga yang terjangkau,” ujar Setiawan Surya selaku 4W managing director PT SIS.

New Ertiga Diesel Hybrid menggunaka­n mesin diesel berkode D13A berkapasit­as mesin 1.300 cc DOHC dengan teknologi DDiS ( diesel direct injection

system). Mesin diesel tersebut sanggup mengeluark­an tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. Tak ketinggala­n, sistem

hybrid terbaru pun disematkan untuk menambah tingkat efisiensi dalam penggunaan bahan bakar.

Saat berkendara secara normal, mesin akan bekerja sekaligus mengisi baterai yang dibantu oleh teknologi integrated starter generator (ISG). Teknologi tersebut memiliki dua fungsi berbeda. Pertama, sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat kendaraan dalam fase deselerasi (perlambata­n). Kedua, sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi.

Efek yang ditimbulka­n adalah getaran mesin lebih halus pada saat restart dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pun semakin irit jika dibandingk­an dengan mesin konvension­al. Dari tes jalan yang dilakukan di BT2MP-BPPT pada Januari 2017, konsumsi BBM New Ertiga Diesel Hybrid mencapai 22,6 km/liter.

Sejalan dengan kelebihan Ertiga yang biasa disebut AMIN (AMAN, MEWAH, IRIT dan NYAMAN), CANGGIH: New Ertiga Diesel Hybrid memakai mesin dengan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). mobil ini juga semakin aman karena memiliki fitur keselamata­n dan keamanan terdepan seperti ABS-EBD, dual SRS air bag, dan headlamp with

leveling feature ditambah dengan parking sensor (4 titik) dan rear defogger (kaca anti kabut). Penampilan seat semakin mewah dengan material dan pattern baru.

Selain memakai teknologi mesin diesel hybrid, mobil ini disertai dengan idle start/stop system yang menjadikan New Ertiga Diesel Hybrid semakin irit. Fitur lain yang disematkan adalah air condition

ing heater untuk kenyamanan berkendara di cuaca dingin, day night mirror, serta gear shift indicator yang memberikan petunjuk waktu terbaik dalam mengganti posisi gigi kendaraan.

Mobil L-MPV berteknolo­gi hybrid pertama di Indonesia ini memakai transmisi manual (M/T) dengan tiga pilihan warna, yakni superior white, granite grey me

tallic, dan silky silver metallic dijual dengan harga Rp 224.000.000,- (OTR Jawa Timur). Lihat dan rasakan langsung kelebihan New Ertiga Diesel Hybrid di Linear Atrium Ciputra World, Surabaya, pada 18–19 Februari 2017 atau kunjungi diler Suzuki terdekat.

Beli New Ertiga Diesel Hybrid sekarang juga dan dapatkan kesempatan memenangka­n tiga motor GSX-R150 dan tiga Satria F150. Dapatkan juga hadiah langsung Drone DJI Phantom 3 Advanced setiap pembelian New Ertiga Diesel Hybrid selama pameran di Linear Atrium Ciputra World, Surabaya. Syarat dan ketentuan berlaku. (swn/c7/wir)

 ??  ??
 ??  ?? LAPANG: Keseluruha­n interior yang memberikan kenyamanan serta kesan mewah dan elegan.
LAPANG: Keseluruha­n interior yang memberikan kenyamanan serta kesan mewah dan elegan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia