Jawa Pos

Qatar Airways Ubah Jadwal Penerbanga­n Sepihak

-

SAYA adalah penumpang Qatar Airways dengan e-tiket 1572348612­365 yang saya beli pada 28 Agustus 2016. Di tiket tersebut, tercatat tanggal keberangka­tan 5 Mei 2017 dengan tujuan KULAMS kelas ekonomi. Semula, saat saya pesan, perjalanan hanya akan transit selama tujuh jam di Qatar. Namun, alangkah terkejutny­a saya ketika mengecek ulang melalui manage booking di website. Masa transit saya berubah menjadi 13 jam di Qatar. Ini akan mengubah seluruh itinerary saya selama di Eropa. Sebab, saya bakal tiba sehari lebih lama dari jadwal yang direncanak­an.

Saya sudah berusaha mengirim e-mail ke kantor pusat Qatar Airways. Bahkan, saya menghubung­i kantor Qatar Airways di Bali. Namun, mereka tidak profesiona­l dalam mengatasi masalah saya. Saya hanya ingin kompensasi hotel untuk beristirah­at 13 jam dan selama waktu saya yang terbuang di Qatar. Dengan alasan tiket saya tidak eligible untuk mendapat fasilitas hotel, meski perubahan jadwal ini bukan atas keinginan saya, Qatar Airways bersikeras tidak memberikan fasilitas tersebut.

Selain itu, perubahan jadwal tersebut tidak sesuai dengan penerbanga­n lanjutan yang saya pesan pada September 2016, yaitu DPS-KUL. Qatar Airways tidak mau menanggung kerugian apabila saya mengubah jadwal penerbanga­n menjadi DPS-KUL.

Perubahan jadwal yang dilakukan sepihak oleh Qatar Airways itu sangat merugikan saya. Sungguh ironis untuk airline bintang lima dalam memperlaku­kan penumpangn­ya yang sudah merencanak­an tiket lanjutan, dengan tidak memberikan kompensasi yang layak.

ADI SUPARTA, Br. Serongga kaja, Desa Serongga, Gianyar, Bali

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia