Jawa Pos

Totti Pertimbang­kan Karir di FIGC

-

TIDAK ada pemain di skuad AS Roma saat ini yang punya statistik lebih baik daripada Francesco Totti saat menghadapi Napoli. Tujuh gol dan dua assist dikoleksi il capitano Roma tersebut. Masalahnya, statistik bukan garansi seorang pemain bakal dimainkan.

Meski Il Lupi –julukan AS Roma– baru saja memainkan laga di pertengaha­n pekan, menempatka­n Totti di posisi starter sebagai bagian dari rotasi bukan opsi yang diambil allenatore Luciano Spalletti. Kalaupun dimainkan, role bagi penyerang 40 tahun itu tak lebih dari pemain pengganti. Seperti 13 di antara 19 laga yang dilakoni Totti se- panjang musim ini.

Kabarnya, kondisi tersebut semakin meyakinkan Totti untuk tidak lagi memperpanj­ang durasi bermainnya bersama Il Lupi. Pemain yang membela Il Lupi sejak 1992 itu pun siap gantung sepatu setelah kontraknya habis akhir musim ini.

Seperti dilansir Corriere dello Sport, Totti mulai mempertimb­angkan jenis dan tempat karirnya selepas pensiun. Kabarnya, pencetak 250 gol di kompetisi Italia (terbanyak kedua setelah Silvio Piola dengan 274 gol) itu mempertimb­angkan karir di luar Il Lupi.

Opsinya adalah bergabung dengan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC). Tapi, pekerjaan apa yang dibidik? Totti masih enggan membeberka­nnya. ”Saya akan mengambil peran penting di masa depan dan mungkin saja tidak di AS Roma,” ungkap Totti. ”Saya hanya ingin melakukan sesuatu (pekerjaan, Red) yang membuat saya nyaman,” imbuhnya.

Beberapa mantan bintang Serie A tercatat meniti karir di FIGC setelah pensiun. Sebut saja mantan gelandang AC Milan Demetrio Albertini yang pernah menjabat wakil presiden PSSI-nya Italia itu. Ada pula mantan gelandang Roma Simone Perrotta yang menduduki posisi deputi di Bidang Pemuda dan Sekolah Sepak Bola FIGC. (okt/c11/dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia