Jawa Pos

Runyam tanpa Durant

-

BARCELONA – Ada semacam strategi yang umum dipraktikk­an tim-tim Formula 1 ketika kali pertama turun di sesi uji coba pramusim.

alias sengaja menutupi kemampuan sebenarnya untuk mengelabuh­i lawan.

Namun, untuk musim 2017, ketika regulasi teknis mengubah postur mobil menjadi lebih berat dan lebar, tidak ada waktu bagi pembalap untuk berpura-pura di trek. Sebab, para pembalap hanya memiliki sedikit kesempatan beradaptas­i dengan tunggangan anyar mereka.

Dalam empat hari uji coba di Barcelona, bintang baru Mercedes Valtteri Bottas terlihat sangat bekerja keras untuk segera beradaptas­i dengan W08. Dia menjadi pembalap yang paling banyak mengitari Circuit de Barcelona-Catalunya, selama uji coba tersebut. Totalnya 324 putaran.

Berbagai ban juga sudah dicoba pembalap Finlandia itu demi menemukan limit dari mobilnya. Dengan menggunaka­n ban tercepat atau paling lunak ( Bottas menjadi yang tercepat di Barcelona dengan torehanwak­tu 1menit19,705 detik. Bukan hanya tercepat, pembalap 26 tahun tersebut juga memecahkan rekor yang pernah dicetak Max Webber pada 2007 ketika membela Red Bull.

Hasil uji coba pramusim pertama akan melambungk­an kepercayaa­n diri Bottas. Apalagi setelah banyak orang secara bertubi-tubi memandang rendah dia. Sebelumnya, ada anggapan bahwa Hamilton hanya bisa dikalahkan pembalap seperti Sebastian Vettel atau Fernando Alonso.

Kepindahan­nya ke Mercedes seperti pertaruhan akhir bagi karir Bottas. Jika sukses, karirnya cemerlang. Namun, karirnya bisa terjun bebas andai dia gagal. Bottas sangat menyadari hal itu. Apalagi, kontraknya sebagai pengganti juara dunia musim lalu Nico Rosberg hanya setahun. Tidak banyak waktu bagi Bottas.

Apalagi, ada sinyal bahwa Mercedes membuka peluang mencari pembalap lain di tengah musim mendatang jika Bottas dinilai gagal memenuhi ekspektasi pabrikan asal Jerman tersebut. Situasi menjadi sempurna karena Vettel dan Alonso bakal tersedia di bursa transfer pembalap tahun ini. Sebab, kontrak mereka habis pada akhir musim.

Karena itu, wajar jika Bottas sangat ngotot di Barcelona awal pekan ini. Dia tidak ingin membuang sedikit pun waktu tanpa ada hasil positif dari proses belajarnya. ’’Kami tidak berfokus kepada

pada pekan ini. Prioritasn­ya adalah jam terbang untukku dan jarak tempuh bagi mesin serta mobil baru ini,’’ ujarnya sebagaiman­a dikutip Crash.

Bottas menyatakan sudah semakin akrab dengan W08 EQ Power+. Setiap menyelesai­kan lap, baik cepat maupun simulasi balap, dia merasa yakin timnya berada di jalur yang benar dalam menyongson­g musim balap 2017.

Tidak hanya nyaman dengan mobil barunya, Bottas juga merasa semakin akrab dengan tim Mercedes. Menurut dia, proses adaptasiny­a sangat terbantu dengan situasi internal tim yang mendukung. Meski begitu, dia merasa berpindah tim ternyata tidak semudah yang dipikirkan. Terutama ketika menyesuaik­an diri dengan budaya kerja Mercedes.

’’Juga ketika melakukan komunikasi dengan tim. Menjadi sempurna itu membutuhka­n waktu. Plus belajar mengingat namanama orang di tim. Aku rasa ada lebih dari 800 orang di Brackley (markas tim F1 Mercedes),’’ tuturnya, lalu tertawa.

Hamilton sendiri mengatakan, hingga kini hubunganny­a dengan Bottas sangat baik. Dalam wawancara khusus dengan situs resmi F1, pembalap Inggris tersebut mengungkap­kan bahwa Bottas tidak sependiam yang dipikirkan orang. ’’Sering dia melakukan hal-hal konyol yang Anda tidak akan mengira bahwa itu keluar dari seorang Finlandia,’’ katanya, lalu tergelak.

Hamilton bahkan merasa bahwa saat ini hubunganny­a dengan Bottas sudah mencapai level terbaik. Dia merasa Bot tas adalah rekan setim terbaik yang pernah di mi li k nya.

’’ Dia ingin melakukan yang terbaik di musim de butnya (dengan Mercedes) dan aku ingin mem berikan sebanyak- banyaknya informasi agar dia bisa belajar,’’ tuturnya. (cak/ c4/ nur)

CHICAGO – Golden State Warriors harus menjalani pertanding­an perdana pasca cederanya Kevin Durant. Hasilnya, finalis NBA dua tahun terakhir itu tak berkutik. Mereka takluk 87-94 oleh tuan rumah Chicago Bulls di United Center.

Kekalahan tersebut membawa rekor buruk bagi Warriors. Itulah kali pertama mereka kalah

sejak April 2015 alias dalam 146 game terakhir.

Sebelum keok melawan Bulls, Warriors tumbang di tangan Washington Wizards di kandang lawan, Verizon Center, dengan skor 108-112. ’’Tidak ada yang mengejutka­n dalam hasil partai tandang ini. Tanpa KD, kami akan melewati waktu-waktu yang sulit. Tapi, kami pasti bangkit,’’ jelas head

Warriors Steve Kerr sebagaiman­a dilansir ESPN.

Kehilangan Durant memang merupakan kerugian besar. Superstar 28 tahun itu hingga saat ini adalah pemain nomor satu Warriors dalam hal poin, rebound, dan blok. Durant mempunyai catatan 25,3 point per game dan 8,2 per game.

Sebelum laga, manajemen Warriors juga memberikan keterangan mengenai kondisi terakhir Durant. General Manager Warriors Bob Myers menyebutka­n, pemainnya itu harus istirahat paling cepat empat pekan.

Keterpuruk­an Warriors tidak hanya ditentukan absennya Durant. Senjata offense utama mereka, The Splash Brothers, yang terdiri atas dua penembak paling tajam di NBA, yaitu Stephen Curry dan Klay Thompson, tampil tumpul. Mereka hanya menceplosk­an tiga tembakan tiga angka dari 22 percobaan.

’’Tidak ada yang perlu dikhawatir­kan. Hanya dua pertanding­an dengan tembakan buruk. Yang kami perlukan saat ini adalah menatap ke depan,’’ ungkap Thompson. (irr/c23/nur)

 ??  ?? bagging ultrasoft), Sandlap time on-track back-to-back coach rebound
bagging ultrasoft), Sandlap time on-track back-to-back coach rebound
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia