Jawa Pos

Siap-siap Penerapan Parkir Zona

-

SURABAYA – Pemkot bersiap segera menerapkan kebijakan parkir zona setelah terbit perwali yang mengatur petunjuk teknis tentang pelaksanaa­n peraturan tersebut pada Februari lalu.

Nanti, parkir zona diterapkan khusus untuk parkir di tepi jalan umum (TJU). Wilayah yang akan menerapkan parkir zona adalah titik-titik dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi. Tarif parkir di tempat itu akan lebih mahal daripada titik-titik lain di Kota Surabaya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Parkir Dishub Surabaya Tranggono Wahyu Wibowo menyatakan, pihaknya sedang mengurus penandatan­ganan berita acara penerapan parkir zona tersebut. ’’Kami sedang teken kesepakata­n antara pemkot dan dewan perparkira­n,’’ jelasnya.

Dewan perparkira­n yang dimaksud adalah tokoh-tokoh masyarakat dan instansi yang diminta pertimbang­annya dalam penerapan kebijakan parkir.

Tranggono menyebutka­n, ada 10 titik yang akan menerapkan sistem parkir zona. Namun, dia enggan mengungkap­kan titik-titik itu. ’’Nanti, setelah kami teken kesepakata­n, baru kami ungkapkan di mana saja titiknya,’’ katanya.

Penerapan parkir zona tersebut memang agak meleset dari jadwal. Awalnya, dishub berjanji menerapkan parkir zona pada 1 Maret lalu. Tapi, Tranggono menjelaska­n persiapan baru rampung pada minggu kedua Maret.

Setelah parkir zona resmi diterapkan, dishub akan gencar menyosiali­sasikannya kepada masyarakat. ’’ Tidak bisa langsung kami terapkan secara kaku,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Jukir Surabaya (PJS) Moh. Husnin Yasin berharap dishub lebih dulu menyosiali­sasikan kebijakan parkir tersebut. Hingga saat ini, belum ada komunikasi apa pun antara dishub dan PJS.

Menurut Husnin, penerapan kebijakan seperti parkir zona bukan perkara sepele. Pihak jukir juga harus dilatih secara khusus agar mampu memahami mekanisme parkir zona. Apalagi, mereka berhadapan langsung dengan pelanggan. ’’Calon konsumen juga pasti bertanya kepada jukir,’’ ujarnya. (tau/c23/git)

 ?? ARYA DHITYA/JAWAPOS ?? KENDALI KEPADATAN: Pada pertengaha­n Maret nanti, pemkot menerapkan parkir zona untuk tepi jalan umum. Tarif parkir zona lebih mahal jika dibandingk­an dengan titik lain.
ARYA DHITYA/JAWAPOS KENDALI KEPADATAN: Pada pertengaha­n Maret nanti, pemkot menerapkan parkir zona untuk tepi jalan umum. Tarif parkir zona lebih mahal jika dibandingk­an dengan titik lain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia