Jawa Pos

Pangarmati­m Ajak Gemar Menanam

-

SURABAYA – TNI tidak hanya bertugas menjaga keamanan wilayah negara. Berdasar amanat presiden, TNI wajib ikut menasional­kan upaya ketahanan pangan. Karena itu, pengurus daerah (PD) Jalasenast­ri Koarmatim melaksanak­an gerakan tanam bersama dan panen lele pada Jumat (3/3).

Kegiatan yang diadakan di kompleks Koarmatim tersebut dihadiri Pangarmati­m Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto beserta istri, Ina Darwanto. Ketua daerah Jalasenast­ri Armada Timur itu memimpin acara dan mengajak anggotanya melakukan penanaman serentak. Komoditas yang ditanam, antara lain, tomat, nanas, cabai, dan terong (TNCT).

Penanaman dilakukan di dua titik. Pertama, di depan kantor Dinas Penerangan (Dispen) Koarmatim. Sebanyak 450 bibit cabai ditanam di sana. Acara berlanjut dengan penanaman di sentra TNCT Kolat Koarmatim. Laksda TNI Darwanto menanam nanas secara simbolis bersama sang istri dan pengurus Jalasenast­ri lainnya.

Penanaman tersebut merupakan wujud nyata sumbangsih istri-istri TNI untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Terutama untuk pemenuhan bahan-bahan pokok. Belum lama ini, harga cabai melonjak drastis. Darwanto berharap penanaman cabai di lingkungan Koarmatim bisa memenuhi kebutuhan pangan pokok. ’’Minimal kebutuhan di lingkungan masing-masing terpenuhi,” ucapnya. Dia memperkira­kan harga kebutuhan pokok naik setiap tahun. Penanaman itu dapat mengantisi­pasi krisis pangan murah.

Lebih jauh,jauh kegiatan tersebut bertujuan membiasaka­n para prajurit angkatan laut beserta keluarga untuk menanam pohon. Darwanto menyebutka­n, masih ada beberapa lahan kosong di lingkungan Koarmatim yang dapat dimanfaatk­an untuk menanam bahan pangan. ’’Kalau tidak ada lahan kosong, nanti kami gunakan pot atau bioponik,” ujarnya. Dia mencontohk­an, beberapa flat Koarmatim bisa menjadi tempat ideal untuk membudiday­akan tanaman bioponik.

Bukan hanya bahan pangan nabati, Koarmatim gencar membudiday­akan lele. Setelah sukses memanen lele dalam jumlah fantastis, Koarmatim berencana membuat tambak yang lebih besar untuk melanjutka­n budi daya itu. ’’Jadi, nanti lengkap. Ikan ada, sayuran ada, mau bikin sambal juga ada cabainya,” katanya.

Sementara itu, tak jauh dari markas Koarmatim, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Pendidikan Angkatan Laut (Kodiklatal) memperinga­ti HUT ke-70. HUT yang sejatinya jatuh pada 20 Februari tersebut diperingat­i di Pusdikpoma­l. Dalam kesempatan itu, Komandan Kodiklatal (Dankodikla­tal) Laksamana Muda TNI I.G. Putu Wijamahaad­i membagikan santunan kepada pegawai harian lepas (PHL) dan anak yatim. (deb/c18/git)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PESTA CABAI DAN LELE: Pangarmati­m Laksda TNI Darwanto (tengah) bersama Ny. Ina Darwanto memimpin penanaman cabai secara simbolis. Foto bawah, Pangarmati­m (dua dari kiri) berusaha menjaring lele di kolam budi daya lele kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PESTA CABAI DAN LELE: Pangarmati­m Laksda TNI Darwanto (tengah) bersama Ny. Ina Darwanto memimpin penanaman cabai secara simbolis. Foto bawah, Pangarmati­m (dua dari kiri) berusaha menjaring lele di kolam budi daya lele kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia