Jawa Pos

Segera Tuntaskan Finalisasi SNM PTN

Proses Unggah Portofolio Membutuhka­n Waktu

-

SURABAYA – Sekolah mengimbau para siswanya segera melakukan finalisasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). Sebab, bagi siswa yang sudah mendaftar, tapi belum melakukan finalisasi, datanya tidak bisa diproses lebih lanjut. Karena itu, siswa dianggap tidak ikut SNM PTN.

Waka Kurikulum SMAN 16 Ridwan menyatakan, ada 192 siswanya yang berhak mendaftar SNM PTN sesuai dengan kuota akreditasi sekolah. Perinciann­ya, 161 siswa jurusan IPA dan 31 siswa jurusan IPS. Meski begitu, belum banyak siswa yang melakukan finalisasi pendaftara­n SNM PTN hingga kemarin (3/3).

Ridwan menyebutka­n, setidaknya, ada 50 siswa yang sudah melakukan finalisasi. Selebihnya masih mendaftar dan belum melakukan finalisasi. ”Mungkin, mereka masih menimbangn­imbang,” ucpanya. Karena itu, Ridwan berharap siswa segera menetapkan pilihan jurusan atau program studi.

Guru Bimbingan Konseling SMAN 21 Sri Mulyanings­ih mengungkap­kan, pihaknya mengajak siswa menuntaska­n pendaftara­n sekaligus finalisasi kemarin. Tujuannya, siswa bisa terpantau dan terarahkan dengan baik saat mendaftar dan memilih jurusan.

Di SMAN 21, ada 146 pendaftar SNM PTN. Sementara itu, ada 136 siswa yang sudah melakukan finalisasi. Artinya, tersisa sepuluh siswa yang belum melakukan finalisasi. ”Siswa yang belum (finalisasi, Red) tinggal sedikit. Kami tunggu sampai Senin (6/3),” katanya.

Menurut dia, siswa yang belum melakukan finalisasi itu belum selesai melengkapi berkas-berkas pendaftara­n. Terutama siswa yang memerlukan portofolio dalam pilihan jurusannya. Jurusan seni drama tari dan musik (sendratasi­k), misalnya. Untuk konsentras­i tari, jurusan tersebut membutuhka­n video contoh kemampuan siswa. ” Videonya harus di- upload dalam pendaftara­n,” ungkapnya.

Demikian pula jurusan olahraga. Kompetensi siswa itu dikemas dalam bentuk video, lalu dilampirka­n dalam file pendaftara­n. Pemilih bidang seni lukis hendaknya mengunggah video dan lukisan tersebut.

Bu Mul, sapaan akrab Sri Mulyanings­ih, memang mengajak siswa secepatnya melakukan finalisasi pendaftara­n, bahkan menuntaska­nnya kemarin. Sebab, pada hari ini dan besok (5/3), pihaknya tidak bisa memantau langsung pendaftara­n siswa lantaran hari libur sekolah.

Bisa jadi, siswa galau dengan jurusan yang akan dipilih. Mereka bisa memilih jurusan lain dari pemetaan yang sudah dilakukan di awal. ”Karena itu, dibutuhkan pendamping­an langsung supaya tidak tersingkir atau tersaingi,” tegasnya.

Dalam pendaftara­n dan finalisasi yang dilakukan siswa pada hari terakhir pendaftara­n, Senin (6/3), dia khawatir loading system lemot. Lagi-lagi, siswa akan rugi. Terutama siswa yang membutuhka­n banyak waktu untuk mengunggah portofolio.

Memang, pemilihan jurusan SNM PTN perlu dipetakan. Sebab, siswa bersaing dengan temannya sendiri di internal sekolah. ”Berapa anak yang ngambil jurusan A. Ada berapa alumni kami di sana, lalu nilai yang kurang siapa. Jadi, anak bisa ambil langkah kalau ingin ganti jurusan,” terangnya.

Pemetaan itu, lanjut dia, berdasar minat siswa, psikotes, dan pertimbang­an orang tua. ”Kamis (2/3) terakhir pindah jurusan. Setelah itu, siswa sebaiknya sudah harus menetapkan pilihan,” tandasnya.

Sebagaiman­a diberitaka­n, pendaftara­n SNM PTN dibuka hingga Senin (6/3) pukul 22.00. Lantas, siswa mencetak kartu peserta pada 14 Maret. (puj/c16/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia