Jawa Pos

Bugar dengan Olahan Okra

-

SIDOARJO – Pernahkah Anda mendengar sayuran bernama okra? Ternyata, tanaman yang juga dikenal sebagai kacang arab itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Termasuk kecantikan kulit.

Awalnya, okra hanya akrab bagi dapur di beberapa negara. Di antaranya, kawasan Mediterani­a dan India. Namun, kini jenis sayuran yang mirip gambas itu pun cukup akrab bagi sebagian warga Kota Delta

Di antara yang menjadikan menu olahan okra sebagai hidangan wajib adalah pasangan suami istri (pasutri) Aini Lutifah dan Esala Ganegoda. Pasangan yang menikah sejak 15 tahun lalu tersebut mengatakan rutin mengonsums­i okra untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Aini mengenal kebiasaan memasak okra dari sang suami yang berasal dari Srilanka. Esala memang sejak kecil menjadikan okra bak lalapan untuk masakan apa pun. Namun, setelah pindah ke Indonesia, dia mulai mengkreasi­kan olahan okra menjadi masakan yang dapat diterima lidah orang Indonesia. Termasuk istrinya.

Esala yang memang hobi mencoba-coba resep masakan tersebut mengombina­sikan okra dalam berbagai jenis hidangan. ’’Saya suka masak macam-macam. Tapi, favorit saya ya dibumbu kare khas Indonesia, sama okra krispi kalau buat camilan,’’ ucap Esala.

Resep kare yang diterapkan mirip bikinan kebanyakan orang Indonesia. Yang berbeda adalah taburan wijen, olive oil, dan madu sebagai tambahan. Hasilnya, cita rasa kare okra racikan Esala teras lezat. Kuahnya pas, gurih dan manis.

Jika Esala lebih menyukai kare okra, Aini malah paling de men menjadikan tumis okra sebagai me nu makan siang. Ko laborasi okra dengan buncis dan jagung ma nis merupakan kesukaanny­a. ’’Suka banget, soalnya lebuh kriuk kriuk,’’ kata perempuan yang aktif di kalangan UMKM handcraft itu.

Menurut Aini, sudah banyak dokter yang ditanya soal okra. Mereka pun banyak yang menganjurk­an Aini untuk ikut mengonsums­i okra rutin seperti suaminya. ’’Dulu awalnya aku nggak suka. Lendirnya bikin enek, tetapi setelah dimasakin suami dengan aneka rasa jadi ketagihan,’’ tambahnya.

Menurut Rima Azara STP MP, ahli bidang pangan fungsional, mikrobilog­i pangan, dan industri Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida), okra punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Selain baik untuk terapi rendah gula bagi para penderita diabetes, okra dapat memperbaik­i metabolism­e dengan mengeluark­an racun dalam tubuh. Sembelit dan radang usus pun bisa diterapi dengan jus okra. (via/c15/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia