Jawa Pos

Dibelit Utang, Embat Motor Teman Sendiri

-

SIDOARJO – Samsul begitu gandrung bertaruh judi jenis dadu. Bahkan, karena ketagihan, pemuda 38 tahun itu sampai terus-terusan meminjam modal kepada teman-temannya. Warga Desa Simogirang, Prambon, tersebut akhirnya dibelit utang yang menggunung.

Bapak anak satu itu kemudian mengambil jalan pintas untuk bisa melunasi utangutang­nya. Dia mencuri motor Yamaha Vixion bernopol W 5008 WB. Hidup Samsul kini makin terjeremba­p dengan masuk ruang tahanan. Sebab, saat mencuri motor tersebut, dia tepergok.

Belakangan diketahui, korbannya adalah teman Samsul sendiri. Yakni, Agus Susanto, warga Desa Gamping, Krian. Samsul yang memang biasa mendatangi temanteman­nya untuk mencari utangan mengunjung­i rumah Agus pada Kamis (2/3). Saat itu, Samsul datang pagi-pagi buta agar temannya tidak keburu keluar rumah untuk bekerja. Dia tiba di rumah Agus pukul 04.00. ”Mau cari utangan,” ungkapnya kemarin (3/3).

Dia masuk ke rumah Agus yang saat itu tidak terkunci. Samsul melihat temannya masih tertidur pulas. Nah, pandangan matanya tertarik kepada kunci motor yang tergeletak di atas meja. Niat untuk mencari utang pun berganti mencuri. ”Motornya saya bawa lari,” imbuhnya.

Samsul merasa pede (percaya diri) aksinya tidak diketahui. Dia menyalakan motor dan meninggalk­an rumah temannya itu. Namun, di tengah perjalanan, dia mendadak merasa iba. Samsul kepikiran untuk mengembali­kan motor tersebut. Dia pun putar balik menuju rumah temannya. ”Ekonomi teman juga pas-pasan,” ujarnya.

Saat dia balik, korban yang tidak lain adalah temannya sudah terbangun. Dia kebingunga­n melihat motornya raib. Agus bersama warga bahkan sudah mencari di sekitar lingkungan desa. Mereka spontan menangkap Samsul begitu datang. Beruntung, kejadian itu segera dilaporkan ke polisi sehingga tidak sempat terjadi amuk massa.

Kapolsek Krian Kompol Widjanarko menyatakan, pihaknya masih menyelidik­i kasus tersebut. Sebab, bukan tidak mungkin pelaku pernah melakukan hal yang sama kepada orang lain. ”Modus yang dipakai adalah menjalanka­n aksi di saat ada kesempatan,” ucapnya. (edi/c6/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia