Jawa Pos

Tanggul Jebol, Kali Lamong Terjang Tujuh Desa

-

GRESIK – Ancaman banjir belum berhenti. Sejak Jumat dini hari kemarin (3/3), Kali Lamong kembali meluap ke desa-desa di sekitarnya. Sedikitnya tujuh desa terendam air.

”Ketinggian air bervariasi. Ratarata 20–50 sentimeter,” kata Camat Balongpang­gang Purbo kemarin. Di Balongpang­gang, genangan paling luas di Desa Pucung. Di wilayah itu, jalan poros desa terendam sejauh 350 meter. Ketinggian air rata-rata 50 sentimeter. Airnya deras. Bahkan, tujuh rumah warga terendam air.

Kepala Desa Pucung Choirul Anam menyampaik­an, air mulai naik pukul 03.00. Semakin pagi air kian meninggi. Namun, pukul 16.00 kemarin, air mulai terpantau surut. ’’Sekarang geser ke hilir,” ujarnya.

Air mengalir ke wilayah Kecamatan Benjeng. Tiga desa yang terdampak adalah Sedapurkla­gen, Deliksumbe­r, dan Kedungruke­m. Camat Benjeng Nuryadi mengaku sudah memantau kondisi tersebut. Dia memperkira­kan, kemungkina­n air menggenang tidak lama. Indikasiny­a, kata dia, debit air sudah surut di wilayah Balongpang­gang. Namun, dia terus melakukan antisipasi dengan siap siaga di kantor kecamatan.

”Malam ini (kemarin, Red) kami jaga di kantor kecamatan. Jaga-jaga kalau air makin besar,” ujar Nuryadi.

Kepala BPBD Gresik Abu Hasan menjelaska­n, bencana kemarin terjadi akibat banjir kiriman dari wilayah Mojokerto. Dia mengungkap­kan, luapan terjadi karena ada tanggul Kali Lamong yang jebol di Mojokerto. ’’Ini adalah banjir kiriman dari daerah hulu,” jelas Abu Hasan.

Gresik masih mewaspadai potensi bencana banjir. Menurut Abu Hasan, selama intensitas hujan masih tinggi di daerah hulu, banjir masih berpotensi terjadi. Itu banjir kali ketiga selama 2017. Sebelumnya, Fe- bruari lalu, banjir dua kali menerjang Gresik Selatan. Yaitu, 2 Februari dan 16 Februari. Saat itu, banjir besar dari luapan anak Bengawan Solo tersebut meren- dam belasan desa di wilayah Balongpang­gang, Cerme, dan Menganti. Ratusan rumah dan ribuan hektare tanaman padi milik petani terendam. (mar/c6/roz)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? DERAS: Banjir merendam Jalan Desa Pucung, Kecamatan Balongpang­gang.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS DERAS: Banjir merendam Jalan Desa Pucung, Kecamatan Balongpang­gang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia