Jawa Pos

Benjeng Sasaran Rumah Subsidi zxchhjkhj

Harga Tanah Murah, Banjir Jadi Kendala

-

GRESIK – Banjir masih melingkari Kecamatan Benjeng–Balongpang­gang setiap tahun. Namun, kondisi tersebut tidak menyurutka­n semangat pengembang untuk berburu tanah. Kedua lokasi jadi sasaran pembanguna­n rumah subsidi.

Kini Benjeng–Balongpang­gang diminati untuk lokasi perumahan. Izinizin perumahan mulai masuk. Sebab, pengusaha menemukan banyak lahan yang masih potensial di sana. Artinya, tidak semua tanah kosong rawan banjir. ’’Kami menemukan di beberapa lokasi masih bisa dibangun perumahan. Banjir bisa teratasi dengan pengaturan saluran,’’ kata Pengurus Harian Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Gresik Koko Wijayanto saat ditemui kemarin (3/3). Dia menilai dua lokasi tersebut cocok untuk pengembang­an rumah masyarakat berpenghas­ilan rendah (MBR). ’’Harga tanahnya masih tergolong murah,’’ lanjutnya.

Menurut Koko, pergerakan harga tanah di Benjeng–Balongpang­gang cenderung lambat. Kenaikanny­a tidak sampai 20 persen setiap tahunnya. Mungkin, kondisi itu dipengaruh­i isu banjir. ’’Di sana harga tanahnya masih ada

yang di bawah Rp 300 ribu per meter,’’ papar Koko. Meski sebagian tanah di Gresik terus merangkak, Koko optimistis. Pembanguna­n rumah subsidi masih diminati. Meski jumlahnya tidak banyak.

Menurut Koko, Benjeng–Balongpang­gang punya akses yang cukup baik. Lokasinya berdekatan dengan Mojokerto. Fasilitas umumnya juga cukup memadai. Jaringan PDAM memang sulit. Namun, problem itu bisa diatasi dengan memanfaatk­an air sumur atau bor. ’’Rumah untuk MBR harus tetap dipikirkan. Itu sudah jadi arahan pemerintah pusat,’’ tutur alumnus Universita­s Gadjah Mada tersebut.

Dia mengingatk­an pemkab soal Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 64 Tahun 2016 tentang Pembanguna­n Perumahan MBR. Dalam aturan itu, proses prizinan pembanguna­n rumah MBR di- Jika berkas lengkap, maksimal tujuh hari tuntas. Jika tidak terpenuhi, pengembang berhak melapor ke bupati, gubernur, dan menteri. (hen/c15/ai)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? lho deadline.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS lho deadline.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia