Jawa Pos

The Fabulous Forties

Ada peraturan tidak tertulis yang disepakati sebagai standar kesopanan global. Yakni, jangan pernah tanya umur kepada perempuan. Pertambaha­n usia di atas 30 tahun menjadi momok buat perempuan. Namun, ada saja perempuan-perempuan yang malah makin fabulous

-

MELIHAT sosok Ira Wibowo, Ita Purnamasar­i, Venna Melinda, dan Iis Dahlia, sulit disangka usia mereka sudah melewati 40-an tahun. Venna dan Iis tahun ini berusia 45 tahun. Ira dan Ita sama-sama bakal menginjak usia setengah abad. Ita berulang tahun setiap Juli, sedangkan Ira Desember. Mereka tampil cantik dan segar. Wajah mulus, minim kerut dan keriput, serta masih sangat energik. Tampak jauh lebih muda dari usia sesungguhn­ya.

Ditanya apa resep awet muda, keempatnya kompak mengatakan, kuncinya adalah bersyukur dan menikmati hidup. ’’Segala sesuatu jangan dibuat terlalu stres, menghadapi tiap hari dengan rasa syukur,’’ tutur Ira yang lahir di Berlin, Jerman, 20 Desember 1967.

Sebenarnya Ira boleh dibilang agak terlambat merawat kulit. Meski terjun ke dunia entertainm­ent sejak usia belasan tahun, Ira baru rutin merawat kulit menjelang usia 40. ’’Bukan contoh yang baik ya, mestinya dari umur 20-an sudah rajin,’’ kata ibu tiga anak tersebut, lantas tertawa kecil. Meski begitu, penampilan Ira sekarang tetap memikat. Bahkan, dia terlihat lebih fresh.

Di tempat terpisah, Ita menegaskan bahwa cantik itu dimulai dari sehat. ’’ Inner beauty dulu yang utama. Kalau tampilan luar sih, bisa (dijaga) dengan perawatan,’’ ujar penyanyi asal Surabaya itu saat dijumpai di kediamanny­a yang asri di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, kemarin (3/3).

Istri musisi Dwiki Dharmawan itu rajin merawat kulit sejak usia 20-an. Mulai wajah, tubuh, hingga rambut. Namun, tidak ada yang spesial. Ita menyebut ritualnya tidak berbeda dengan kebanyakan perempuan. Misalnya, facial, creambath, dan lulur.

Saat kecil, Ita terbiasa minum jamu. Setelah menikah, kebiasaan itu berganti dengan minum suplemen vitamin C, vitamin E, dan kolagen. Manfaatnya, tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan bisa dihambat. Memang, kondisi kulit pada usia 40-an berbeda dengan ketika usia 30-an, apalagi 20-an. ’’Mulai muncul noda hitam di wajah, itu wajar. Tapi, kalau dirawat sejak muda, penuaan dini bisa dicegah,’’ jelas penyanyi Cintaku Padamu itu.

Hal yang sama diungkapka­n bintang sinetron yang kini menjadi anggota DPR RI Venna Melinda. Merawat kecantikan seiring bertambahn­ya usia dimulai dari pikiran. ’’Oke, dengan umur 45 ini, saya harus jaga makanan, pikiran, dan psikologis untuk tidak mudah stres,’’ tuturnya. Untuk perawatan dari luar, Venna menggunaka­n cara-cara simpel. Dia tidak pernah lupa membersihk­an wajah sebelum tidur, secapek apa pun. Menggunaka­n pelembap dan eye

cream, dan facial sebulan sekali. Venna melihat sang mama sebagai role

model. Sejak remaja, dia sudah mengenal produk perawatan kulit. Hasilnya dia rasakan betul kini. Tanda-tanda penuaan bisa dicegah. ’’Alhamdulil­lah, sampai saat ini saya belum pernah tarik benang,’’ kata Venna. Kerutan yang muncul seiring dengan bertambahn­ya usia tidak menjadi momok baginya. ’’Itu bagian dari karakter. Nggak perlu dihilangka­n,’’ ujar aktris yang terkenal lewat sinetron Bella Vista (1995–1997) itu.

Sementara itu, Iis Dahlia setuju bahwa rasa syukur bisa menjadi resep awet muda. ’’Yang bikin cepet tua itu kan mental yang

nggak diatur. Jadi, kalau mental kita dijaga, penampilan bisa kita jaga juga,’’ tutur perempuan yang lahir 29 Mei 1972 itu. Dengan banyak bersyukur, Iis bisa menjalani hidup lebih senang dan tidak mudah stres. Berpikiran positif pun menjadi prinsip Iis. Bagi dia, berprasang­ka buruk hanya akan membuat emosi, menguras tenaga, dan akhirnya menambah beban hidup.

Jika ada masalah, dia menghadapi­nya dengan kepala dingin. Dia juga tidak menghirauk­an omongan negatif. ’’Saya mah, kalau masalah kecil, huss... lupain aja. Kalau masalahnya besar, ya dihadapi pelan-pelan sambil sabar,’’ ujar perempuan asal Indramayu itu, lalu tersenyum. Kian menegaskan wajahnya yang seolah tidak berubah sejak era 1990-an.

Meski begitu, Iis tidak memungkiri bahwa dirinya juga rutin melakukan perawatan di klinik kecantikan. Tetapi, semuanya masih bersifat alami. Tidak ada operasi atau tindakan invasif seperti botoks. Bagaimana dengan

make-up? Bagi Iis, dandan tetap diperlukan untuk menunjang profesi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia