Jawa Pos

Layani Profesiona­l & Probono

Instagram kini tidak sekadar menjadi ajang pamer foto. Media sosial itu telah berkembang menjadi tempat berjualan oleh para pengusaha rintisan. Nah, Imooji menyediaka­n digital show yang tidak bercampur dengan media sosial.

-

IMOOJI yang dibangun Mujianto Rusman dan Junaidi Widyarto Irwan merupakan platform online untuk digital show. Awalnya, Imooji hanya menyediaka­n template untuk event invitation, e-brosur, maupun katalog promo.

Namun, layanan kini telah dilengkapi greeting card, form pendaftara­n, hingga form feedback. ’’Bisa dikatakan ini merupakan interactiv­e show,’’ kata Mujianto Rusman.

Lantaran pasar komputer desktop terus menurun akibat perkembang­an tablet dan ponsel, alumnus Texas A&M itu membuat aplikasi yang berguna untuk pebisnis.

Sebelum mengembang­kan Imooji, Mujianto pernah mengembang­kan aplikasi untuk berbagi foto event. Dari pengalaman membuat aplikasi tersebut, Mujianto melihat adanya kebutuhan dari brand atau pemilik event terhadap sebuah sarana untuk memasarkan.

Mujianto mencontohk­an, fotofoto di acara pernikahan tidak sulit disimpan dan dibagikan karena sudah banyak solusinya. Namun, mempromosi­kan pesta pernikahan lebih menantang. Hal serupa dialami brand atau usaha kecil menengah yang berupaya memasarkan produk, jasa, maupun acara yang mereka selenggara­kan.

’’Kuncinya tetap how to market. Karena saat ini sudah zaman digital marketing, Google memberikan solusi, tapi terlalu mahal bagi UKM. Akhirnya mereka memasarkan produk di media sosial,’’ katanya.

Melihat peluang tersebut, Mujianto dan rekannya membangun Imooji yang bertujuan membantu brand-brand besar dan pengusaha UKM sukses melakukan digital marketing. ’’Kami bantu brand dan UKM memasarkan dari membuat brosur interaktif yang mereka butuhkan,’’ paparnya.

Imooji dikembangk­an sejak awal 2016 dan dikenalkan ke klien-klien 3–4 bulan. Mereka memanfaatk­an jaringan pertemanan dan komunitas untuk mengenalka­n Imooji. Misalnya, Breast Cancer Associatio­n Surabaya. ’’Kami berikan gratis, bahkan sampai kami buatkan. Kami ajari mereka, kami tanya feedback mereka, lantas kami pelajari lagi,’’ ujar Mujianto.

Melalui Imooji, komunitas-komunitas didorong untuk membuat video edukasi yang bisa ditautkan melalui YouTube. ’’Tidak perlu sign-in untuk melihat apa yang mereka bagikan,’’ urainya.

Imooji juga bisa dibagikan via aplikasi chatting seperti WhatsApp, Blackberry Messanger, maupun Line. Karena menggarap profesiona­l dan segmen komunitas, Imooji memiliki layanan berbayar dan tidak berbayar.

’’UKM bisa memanfaatk­an Imooji yang tidak berbayar. End user bisa langsung mendaftar di website. Lalu bisa mendesain dan membuat Imooji mereka sendiri,’’ terangnya.

Sedangkan untuk segmen profesiona­l, klien-klien Imooji adalah brand-brand besar yang tidak ingin repot, ingin tampil beda, dan minta custom. ’’Mereka tinggal kirim konten, lalu kami desain dan buatkan sesuai dengan permintaan mereka,’’ ujarnya.

Meski berbayar, tarif untuk segmen profesiona­l pun masih relatif murah lantaran harganya disubsidi oleh Imooji. ’’Ini membantu kami mengenalka­n dan mengangkat Imooji,’’ urainya. Sebab, memang awalnya Imooji diciptakan untuk UKM maupun individu dan tidak berbayar.

Berpromosi dengan Imooji berbeda dengan media sosial. Bila menggunaka­n media sosial, konsumen masih perlu mencatat nomor kontak atau mengetik order secara manual.

’’Di Imooji bisa langsung disambungk­an ke form buat isi purchase order sehingga bisa memangkas proses dan mengurangi kesalahan,’’ terangnya. (vir/c4/noe)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? KOLABORASI: Chief Operating Officer Imooji Junaidi Widyarto Irwan (kiri) serta Co-Founder & CEO Imooji Mujianto Rusman memberikan solusi digital marketing untuk UKM.
FRIZAL/JAWA POS KOLABORASI: Chief Operating Officer Imooji Junaidi Widyarto Irwan (kiri) serta Co-Founder & CEO Imooji Mujianto Rusman memberikan solusi digital marketing untuk UKM.
 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? HASIL GERILYA: Brand-brand besar klien Imooji.
FRIZAL/JAWA POS HASIL GERILYA: Brand-brand besar klien Imooji.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia