Jawa Pos

Gus Ipul Jadi Anggota Kehormatan IKA UII

-

MOJOKERTO – Sekitar 500 alumnus Universita­s Islam Indonesia (UII) Jogjakarta berkumpul di Universita­s Islam Majapahit (Unim) Mojokerto kemarin (5/3). Pada acara bertajuk Reuni Akbar dan Pelantikan Pengurus Wilayah IKA UII Jatim itu, Wagub Jatim Saifullah Yusuf menerima SK pengangkat­an sebagai anggota kehormatan alumni UII.

Ketua umum IKA UII Mahfud MD menyatakan, penobatan anggota kehormatan untuk Gus Ipul tidak mengada-ada. ’’Gagasan pendirian UII pada masa menjelang kemerdekaa­n salah satunya dipelopori KH Hasyim Asy’ari,’’ kata Mahfud. ’’Gus Ipul ini memiliki darah pendiri NU,’’ imbuhnya.

Mahfud menuturkan, UII didirikan dengan kesadaran akan perbedaan di kalangan Islam. UII pun selalu bisa menjaga toleransi antarkelom­pok Islam. Gus Ipul diminta menjaga harmonisas­i di kalangan ormas-ormas Islam di Indonesia.

Gus Ipul pun merasa bangga karena diangkat menjadi anggota kehormatan alumni UII. Menjadi bagian dari kampus tertua di Indonesia tersebut merupakan beban yang tidak ringan. ’’Nama UII begitu besar, didirikan para tokoh,’’ ucap pria yang juga menjabat ketua PB NU itu.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah, para pimpinan UII, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, dan Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo.

Ketua IKA UII Jatim Muhammad Tasrifin menyebutka­n, ada lebih dari 2 ribu alumnus UII di Jatim dari total 85 ribu alumni. Sebagian menduduki posisi strategis di 38 kabupaten/ kota di Jatim. ’’Kami memiliki dewan pakar yang berisi guru besar dan doktor. Dengan modal itu, kami akan berupaya memberikan sumbangsih untuk Jatim dalam berbagai bidang,’’ tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, digelar doa bersama untuk korban Diksar The Great Camping Ke-XXXVII Mapala Unisi. Doa dipimpin KH Achmad Shofwan Lc, pengasuh Ponpes Darul Muttaqien, Surabaya. (*/c18/tom)

 ?? JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? AMANAH BARU: Dari kiri, Mahfud MD, Gus Ipul, M. Tasrifin (ketua IKA UII Jatim), dan Halim Alamsyah (ketua LPS) di acara Reuni Akbar IKA UII Jatim di kampus Unim Mojokerto kemarin.
JAWA POS RADAR MOJOKERTO AMANAH BARU: Dari kiri, Mahfud MD, Gus Ipul, M. Tasrifin (ketua IKA UII Jatim), dan Halim Alamsyah (ketua LPS) di acara Reuni Akbar IKA UII Jatim di kampus Unim Mojokerto kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia