Jawa Pos

Hati-Hati dengan Derby London

-

LONDON – Bagi Chelsea, derby London ternyaman ya di Stamford Bridge. Pada semua ajang musim ini, sudah tujuh kali Chelsea menjalani laga derby London dan tiga di antaranya di Stamford Bridge. Hasilnya, mereka sempurna dengan 100 persen kemenangan.

Situasi berbeda ketika derby London di rumah lawan. Persentase klub berjuluk The Blues itu dalam memenangi laga hanya 25 persen. Tiga di antara empat kali lawatan berakhir dengan kekalahan. Salah satunya, saat Chelsea takluk 1-2 oleh West Ham United pada babak keempat EFL Cup di London Stadium (27/10).

Nah, setelah hampir lima bulan berlalu, Chelsea harus kembali menghadapi West Ham di balik London Stadium (siaran lang- sung MNCTV/beIN Sports 1 pukul 03.00 WIB). ”Saya harap ini akan jadi laga berbeda. Hasil ketika itu (takluk di EFL Cup, Red) tidak bagus. Tentu kami ingin mencoba mendapat tiga poin dari laga ini,” ucap pelatih Chelsea Antonio Conte, sebagaiman­a dikutip London Evening Standard.

West Ham punya 38 persentase kemenangan di kandang sendiri musim ini. Dalam dua musim terakhir, Chelsea pun selalu kalah di kandang West Ham. Baik ketika masih di Upton Park maupun London Stadium. ”Ini bakal menjadi laga sulit karena kami semua memahami kesulitan di sana. Ini laga derby dan menghadapi kualitas dari West Ham,’’ imbuhnya.

Ya, kualitas klub berjuluk The Hammers tersebut. Apa itu? Berkaca dari kebobolan Chelsea sebulan terakhir, mereka kerap sulit bertahan dari bola crossing. Ingat cara Fernando Llorente menjebol gawang Thibaut Courtois ketika Chelsea menang 3-1 atas Swansea City pekan lalu (25/2)? Dari bola crossing ke pertahanan Chelsea.

Nah, di West Ham, ada Andy Carroll. Dua laga sebelumnya, dia absen karena cedera kunci paha. Dalam laga ini, Carroll diprediksi dimainkan sebagai pengganti. Itu harus diwaspadai. Dua di antara lima gol dicetak Carroll di Premier League berkat kemampuan heading- nya. Carroll juga memiliki rekor apik saat melawan The Blues. Dari 13 kali Carroll menghadapi Chelsea, empat gol dicetaknya. (ren/c18/ham)

 ?? AP PHOTO/KIRSTY WIGGLESWOR­TH ??
AP PHOTO/KIRSTY WIGGLESWOR­TH

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia