Jawa Pos

Agenda Padat Hadang Timnas U-22

-

JAKARTA – Tim nasional (timnas) U-22 Indonesia besutan Luis Milla dihadang jadwal padat sebelum tampil di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Itu terjadi setelah PSSI memutuskan untuk tampil dalam kualifikas­i Piala Asia U-23 2018. Babak kualifikas­i tersebut berlangsun­g mulai 15 hingga 23 Juli mendatang.

Sekjen PSSI Ade Wellington mengakui, kualifikas­i Piala Asia U-23 itu memang mengganggu konsentras­i pemain yang disiapkan tampil di SEA Games 2017. Sebab, mayoritas pemain yang diproyeksi­kan tampil di kualifikas­i Piala Asia U-23 merupakan pemain yang disiapkan turun di ajang SEA Games 2017.

”Kami sebenarnya juga tidak ingin timnas U-22 yang dipersiapk­an untuk SEA Games mengalami kelelahan,” kata Wellington. ”Tapi, kualifikas­i Piala Asia termasuk salah satu event strategis dan merupakan kesempatan cukup bagus. Jadi, kami pastikan Indonesia mengambil bagian dalam event ini,” imbuhnya.

Babak tersebut akan diawali dengan undian pembagian grup di Kuala Lumpur pada 17 Maret. Ada sembilan negara yang menjadi tuan rumah babak kualifikas­i. Yakni Korea Utara, Kirgistan, Myanmar, Palestina, Arab Saudi, Qatar, Thailand, Uni Emirat Arab, serta Vietnam. Babak kualifikas­i akan melibatkan 41 negara di kawasan Asia.

Nah, karena masuk kawasan timur, Indonesia berpeluang besar menjalani babak kualifikas­i tersebut di negara bagian timur Asia seperti Korea Utara, Myanmar, Thailand, atau Vietnam. ”Indonesia tergabung di pot dua dalam undian kualifikas­i bersama Tiongkok, Vietnam, Myanmar, dan Laos,” jelas Wellington.

Selain babak kualifikas­i Piala Asia U-23 2018 itu, timnas U-22 berencana tampil di Islamic Solidarity Games (ISG) di Azer- baijan. Ajang tersebut berlangsun­g akhir Mei. Setelah dari Azerbaijan, Milla berencana membawa seluruh pemainnya mengikuti training center di Spanyol selama satu bulan. Seleksi Tahap Ketiga tanpa Putu Gede dan Hargianto Sementara itu, program seleksi tahap ketiga Timnas U-22 yang rencananya berlangsun­g di Tangerang, Banten, 7-9 Maret nanti, tak bisa diikuti seluruh pemain. Sebab, dari total 26 pemain yang dipanggil oleh pelatih Luis Milla, hanya ada 24 pemain yang ikut seleksi. Dua pemain harus berhalanga­n. Mereka adalah dua penggawa Bhayangkar­a FC, I Putu Gede Juni Antara dan Hargianto. Keduanya berhalanga­n hadir karena harus mengikuti pelantikan sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia pada Selasa (7/3) nanti.

“Saya diberitahu bahwa Putu dan Hargianto tidak bisa hadir karena akan dilantik sebagai anggota polisi, saya tidak masalah,’’ kata Milla. ‘’Kami tidak memanggil pemain untuk menngganti mereka, jadi seleksi tahap ketiga nanti diikuti 24 pemain saja,” ujar pelatih asal Spanyol itu. (ben/c9/bas)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? BAKAL SIBUK: Saddil Ramdani (kanan) dikawal Zalnando saat menjalani sesi latihan seleksi tahap kedua timnas U-22 di Tangerang (28/2).
WAHYUDIN/JAWA POS BAKAL SIBUK: Saddil Ramdani (kanan) dikawal Zalnando saat menjalani sesi latihan seleksi tahap kedua timnas U-22 di Tangerang (28/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia