Jawa Pos

Tingkatkan Kualitas Wasit agar Lebih Komunikati­f

-

SURABAYA – Babak penyisihan awal Honda DBL East Java Series 2017- North Region makin dekat. DBL Indonesia pun makin mantap mencari calon- calon wasit terbaik untuk mengawasi pertanding­an yang berlangsun­g 10– 22 Maret mendatang tersebut. Karena itu, kemarin ( 5/ 3) sekitar 55 wasit melakoni tahap seleksi Referee Developmen­t Program ( RDP). Dari situ diambil sekitar 26 wasit terpilih yang akan mengawal pertanding­an di Surabaya dan Malang.

Ada dua sistem penilaian pada tahap tersebut. Yakni, tes tulis dan fisik berupa beep test. Tes tulis nggak hanya menjelaska­n teori mengenai peraturan-peraturan basket pada umumnya, tapi juga kondisi dan situasi suatu pelanggara­n yang mungkin terjadi. Sebab, dari pembelajar­an tahun lalu, wasit kurang komunikati­f menghadapi pemain, terutama kepada pelatih. Hal itu menguji pengetahua­n dan referensi wasit untuk mengarahka­n pemain yang melakukan pelanggara­n.

Level soal yang diberikan kepada peserta, menurut Komisi Wasit Jawa Timur Johan Christiana, emang lebih sulit. Jumlah soal pun dibuat 50 butir yang dibagi menjadi 25 soal berbahasa Indonesia dan 25 soal berbahasa Inggris. ’’ Ini merupakan bentuk evaluasi dari data tahun lalu. Soalsoal tersebut adalah gambaran kondisi pertanding­an yang belum terjangkau tahun lalu,’’ jelasnya. Dari situ bisa dipastikan setiap referee yang terpilih nanti mampu memberikan layanan komunikati­f kepada pelatih dan pemain.

Tes kedua merupakan uji fisik berupa beep test. Untuk membuktika­n kegesitann­ya, wasit laki- laki diuji hingga 86 kali bolak- balik, sedangkan perempuan sekitar 66 kali. Dari dua tes tersebut, babak penyisihan yang dimulai Jumat ( 10/ 3) dipastikan bakal berjalan rapi dan tertib. Setelah hasil diumumkan pada 7 Maret mendatang, ke- 26 wasit yang terpilih diagendaka­n mengikuti referee meeting.

Di situ akan dibahas beberapa kondisi permainan yang dianggap pelanggara­n. Ada juga beberapa peraturan baru yang diterapkan mulai tahun ini. Salah satunya, tim harus terdiri atas maksimal 12 pemain. Dengan begitu, pelatih bisa bebas memilih first team dan second team. Tetapi, kali ini pelatih wajib mengganti pemain minimal tiga kali pada kuarter pertama. ( pew/ c25/ grc)

 ?? FOTO: RIFQI/ZETIZEN TEAM ?? MANTAPKAN PERSIAPAN: Johan Christiana, Komisi Wasit Jawa Timur, memberikan pengarahan sebelum beep test kemarin (5/3) kepada calon wasit Honda DBL East Java Series 2017-North Region.
FOTO: RIFQI/ZETIZEN TEAM MANTAPKAN PERSIAPAN: Johan Christiana, Komisi Wasit Jawa Timur, memberikan pengarahan sebelum beep test kemarin (5/3) kepada calon wasit Honda DBL East Java Series 2017-North Region.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia