Jawa Pos

Segera Diverifika­si AFC

-

PERSIBA Balikpapan bakal memiliki kandang yang megah. Sebab, stadion baru di kawasan Batakan segera beroperasi. Stadion tersebut tidak hanya berlevel nasional, tetapi juga internasio­nal.

Sebagaiman­a diketahui, manajemen Persiba selalu cemas setiap ada verifikasi venue pertanding­an. Sebab, Stadion Persiba di Jalan Parikesit, Kompleks Pertamina, yang jadi tumpuan menghelat laga home dianggap tidak layak. Persiba selalu lolos verifikasi aspek infrastruk­tur karena PSSI mengapresi­asi keseriusan pemerintah daerah dalam menghadirk­an stadion berstandar internasio­nal.

Memang, pembanguna­n stadion yang diklaim mirip Emirates Stadium, markas Arsenal, itu belum 100 persen rampung. Akses masuk ke stadion juga belum selesai. Namun, Pemkot Balikpapan berencana meresmikan bangunan di Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur, tersebut, Juli mendatang. Saat ini mereka menunggu finishing pembanguna­n tahap III dan akar rumput tumbuh maksimal.

Nah, jika sudah tuntas, Stadion Batakan bisa didaftarka­n manajemen untuk diverifika­si. Bahkan, manajemen siap menawarkan Batakan untuk laga internasio­nal. Karena itu, mereka juga siap diverifika­si Asian Football Confederat­ion (AFC).

’’Hasil verifikasi bukan untuk musim ini. Melainkan musim 2018. Ketika tim-tim Indonesia kembali bersaing di Liga Champions AFC. Makanya, kami akan sodorkan Stadion Batakan supaya lolos,’’ kata Manajer Marketing Muhammad Ryan kemarin (5/3).

Hanya, sesuai dengan hasil pertemuan yang digelar PSSI Sabtu (4/3), ada empat persyarata­n yang harus dipenuhi jika ingin lolos verifikasi. Yakni, aspek finansial, sporting, administra­si, dan legal. ’’Dari kelima aspek ini, jika dipecah, ada sekitar 49 persyarata­n lagi. Tapi, saat ini kami belum tahu detailnya seperti apa karena kemarin baru sosialisas­i,’’ tuturnya.

Ryan menuturkan, sebelum menyelesai­kan persyarata­n AFC, fokus manajemen saat ini adalah memenuhi verifikasi untuk berkompeti­si di Liga 1 2017. ’’Sampai saat ini kami belum dapat informasi dari PSSI. Tapi, kami tetap harus siapkan lebih awal. Karena kompetisin­ya sebentar lagi bergulir,’’ jelasnya. (ndu/zal/JPG/c15/bas)

 ?? M. RIDHUAN/KALTIM POST ?? LOKASI MEJENG: Warga Balikpapan memanfaatk­an momen kunjungan ke Stadion Batakan untuk wefie.
M. RIDHUAN/KALTIM POST LOKASI MEJENG: Warga Balikpapan memanfaatk­an momen kunjungan ke Stadion Batakan untuk wefie.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia