Jawa Pos

Turnamen Terbaik Seumur Hidup Querrey

-

ACAPULCO – Ada lima petenis ranking 10 besar dunia yang bertarung memperebut­kan gelar di Mexican Open 2017. Namun, ternyata, Sam Querrey, seorang pemain peringkat ke-40 dunia, tampil menyentak dan akhirnya menjadi kampiun.

Pada partai puncak di Princess Mundo Imperial, Acapulco, kemarin, Querrey mengempask­an unggulan kedua Rafael Nadal dengan skor 6-3, 7-6 (3).

Querrey menjadi petenis pertama Amerika Serikat yang menjuarai turnamen berusia 24 tahun tersebut. Selain itu, inilah kemenangan pertamanya atas Nadal dalam lima kali pertemuan.

Bagi Querrey, gelar di Meksiko itu adalah titel kesembilan di turnamen ATP World Tour dan kedua di level 500. Sebelumnya, dia menjuarai Memphis Open pada 2010.

Sepanjang akhir pekan lalu, petenis 26 tahun itu harus melewati drawing berat sebelum bisa memastikan satu tempat di final. Pada babak kedua, dia menumbangk­an unggulan kelima David Goffin, berlanjut dengan kemenangan atas unggulan keempat dan juara bertahan Dominic Thiem di perempat final. Di semifinal, Querrey melibas unggulan keenam Nick Kyrgios yang sebelumnya menjegal mantan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic.

Kemenangan demi kemenangan itu mengantark­an Querrey ke final dengan kepercayaa­n diri yang tinggi. Pukulan-pukulannya, terutama forehand, selalu meluncur deras dengan tingkat presisi yang sangat baik. Servis kerasnya juga ikut merepotkan Nadal dan mengakibat­kan banyak pengembali­an sang Raja Tanah Liat yang nanggung. ’’Setelah menang atas Goffin, aku tahu aku bisa melaju lebih jauh jika terus bermain di level ini,’’ ucap Querrey.

Kepercayaa­n diri memang dibutuhkan seorang petenis non unggulan seperti Querrey ketika harus berjibaku dengan petenis top dunia. Apalagi, sebelum turun di Mexican Open, rekor pertemuann­ya melawan petenis 20 besar dunia sangat buruk. Dari tujuh kali laga, Querrey selalu kalah.

Tapi, sepanjang pekan lalu, Querrey mencatat empat kemenangan beruntun saat menghadapi petenis top 20. Sebagai ganjaran atas konsistens­inya itu, mulai hari ini, Senin (6/3), ranking ATP-nya melompat ke posisi ke-26 dunia. Posisi tersebut adalah yang tertinggi sejak Agustus 2013. (cak/c19/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia