Jawa Pos

Pos KA Digeser 10 Meter

-

SURABAYA – Proyek frontage road sisi barat siap berlanjut. Kini giliran pos penjagaan palang pintu kereta api yang akan dibongkar. Pos palang pintu yang berlokasi di depan Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya itu bakal dipindah sejauh 10 meter ke arah barat.

Pembongkar­an dilakukan pada pertengaha­n tahun ini. Saat ini Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) dan Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya telah mengantong­i izin dari Ditjen Perkeretaa­pian Kementeria­n Perhubunga­n. Jumat lalu (3/3) dinas yang bersangkut­an juga telah meninjau langsung ke lokasi.

’’Sekarang tinggal menunggu lelang untuk dua item,” jelas Kepala Dishub Irvan Wahyudraja­d. Dua item tersebut adalah bangunan pos penjagaan dan palang pintu. Nanti juga dibangun satu pos tambahan di sisi timur jalan, tepatnya di Taman Mayangkara.

Pemindahan dilakukan secepatnya. Sebab, ruas jalan itu sudah kelebihan beban kendaraan. Hal tersebut terjadi karena penyempita­n ruas jalan dari tujuh jalur menjadi hanya tiga jalur. Penumpukan tidak terhindark­an karena frontage road sisi barat sudah rampung dan aktif sejak akhir 2016.

Pembanguna­n pos serta frontage road lanjutan dikhawatir­kan membuat lalu lintas semrawut. Namun, Irvan menegaskan bahwa pengerjaan dilakukan pada jamjam lengang agar tidak mengganggu aktivitas warga.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasiona­l 8 masih menunggu koordinasi dengan pemkot. ’’Kami belum tahu rencana selanjutny­a karena belum ada surat dari Ditjen Perkeretaa­pian ke kami,” terang Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmok­o. (deb/c7/oni)

 ?? DEBORA DANISA/ JAWA POS ?? HAMBAT LALIN: Pos penjagaan kereta api di Wonokromo akan dipindah untuk pelebaran frontage road.
DEBORA DANISA/ JAWA POS HAMBAT LALIN: Pos penjagaan kereta api di Wonokromo akan dipindah untuk pelebaran frontage road.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia