Jawa Pos

Boleh Senggol dan Lilit Lawan

-

SURABAYA – Kompetisi Underwater Robotic Competitio­n (URC) Oceano 2017 tingkat SMA/SMK Se-Indonesia diselengga­rakan mahasiswa Departemen Teknik Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kemarin (5/3). Bertempat di kolam renang KONI Kota Surabaya, 37 tim bertanding untuk memperebut­kan juara.

Mochamad Riza Pratama, siswa SMKN 2 Surabaya, memegang stik. Bertugas sebagai pengemudi robot, Riza berkonsent­rasi penuh untuk menumbangk­an lawan. Head-to-head di kolam sedalam 0,8 meter tersebut terjadi saat Riza dan dua temannya lolos ke semifinal. Dengan cekatan, Riza berhasil mengambil gelang yang tertancap pada batangan besi di dasar kolam.

Setelah mengambil beberapa buah, dia lantas melakukan strategi lain. Yakni, mengganggu perolehan gelang lawan. Caranya melilitkan tali yang menghubung­kan robot dengan remote control. Usaha itu berhasil. Lawan tidak bisa bergerak. ”Itu memang diperboleh­kan oleh panitia,” terang siswa kelas XII jurusan audio video itu. Mereka pun lolos melenggang ke babak final.

Ketua Oceano 2017 Marsanura Hibatullah menjelaska­n, untuk lolos ke final, peserta harus mengikuti rangkaian seleksi penyisihan. Mulai babak 16 besar, 8 besar, hingga semifinal. Ada dua poin penilaian yang menentukan, yakni penyelesai­an rintangan dan waktu tercepat.

Untuk dapat meraih poin maksimal, panitia memperbole­hkan peserta membuat kreasi bentuk robot dengan standar spesifikas­i dasar yang ditentukan. Di antaranya, adaptor bertenaga 18 volt 3 ampere serta jumlah dinamo dan baling-baling maksimal lima buah. Standar itu diterapkan agar kapasitas robot antarpeser­ta tidak timpang. Kom petisi tersebut dimenangka­n tim Elite dari SMKN 2 Surabaya. (elo/c6/jan)

 ?? ARYA DHITYA/ JAWA POS ?? ADU CEPAT: Dari kiri Imam Taufik, Adam Rahmatulla­h, Frendy Prasetyawa­n. Mereka adalah salah satu tim yang mengikuti Kompetisi Underwater Robotic Competitio­n.
ARYA DHITYA/ JAWA POS ADU CEPAT: Dari kiri Imam Taufik, Adam Rahmatulla­h, Frendy Prasetyawa­n. Mereka adalah salah satu tim yang mengikuti Kompetisi Underwater Robotic Competitio­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia