Jawa Pos

Hadapi Hackler, Santai Saja

-

DI DUNIA sulap, ada yang namanya hackler. Yakni, orang-orang yang hanya belajar trik sulap tanpa tahu sejarah dan ilmunya. Firyal Febri Asrafi sering bertemu mereka. Tidak hanya sekali dua kali. Sering. Dia sampai tidak ingat berapa kali ditantang adu kemampuan.

Menghadapi hal semacam itu, Firyal hanya santai. ”Main self working saja,” ucapnya. Self working merupakan trik sulap. Caranya, hackler memainkan sulap sesuai kemampuann­ya. Kemudian, pesulap lawan menebak jawaban permainan tersebut. Misalnya, pada permainan kartu. Artinya, Firyal menebak kartu yang sebelumnya diambil hackler.

Selama ini, pesulap yang mengawali debut performanc­e sejak kelas X SMA itu selalu bisa menghadapi hackler. Ketika berhasil, penantang mengakui kemampuann­ya sebagai seorang magician.

Menurut Firyal, belajar sulap bukan sekadar trik. Untuk bisa benar-benar menguasai, dia harus mempelajar­i banyak hal yang berhubunga­n dengan kesukaanny­a itu. Ketika masih menimba ilmu di Alakazam, dia banyak belajar tentang sejarah, tokoh-tokoh, dan pengetahua­n tentang sulap.

Alakazam juga tak mau main-main saat mengajari siswanya. Tiga bulan pertama, Firyal hanya bisa memegang kartu. Setelah mahir, dia baru diajari memainkan trik.

Meski kini tak lagi menimba ilmu di sekolah khusus tersebut, Firyal tetap berupaya melatih kemampuan. Dia banyak mengikuti referensi dari buku. Misalnya, Strong Magic karya Darwin Ortiz dan Maximum Entertainm­ent karya Kenneth J. Weber. ”Referensi dari buku banyak membantu saat tampil,” terangnya.

Ada satu tip dari Firyal untuk menguasai sulap. Pesulap harus mencintai lebih dulu apa yang akan dipelajari. Perbanyak pengetahua­n yang berkaitan dengan sulap. Jangan hanya mengejar kemampuan memainkan trik. Apalagi sampai mengajarka­n kepada orang lain yang benar-benar awam. ”Orang lain juga bisa menilai kok,” ucapnya. (ant/c16/jan)

 ?? CHANDRA SATWIKA / JAWA POS ?? TOTAL: Belajar sulap tak sekadar mempelajar­i trik, tapi juga sejarah dan pengetahua­n di balik trik tersebut.
CHANDRA SATWIKA / JAWA POS TOTAL: Belajar sulap tak sekadar mempelajar­i trik, tapi juga sejarah dan pengetahua­n di balik trik tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia