Jawa Pos

Latih Ketangkasa­n Sekuriti Bank

-

SURABAYA – Satbinmas Polrestabe­s Surabaya memberikan pelatihan bagi para petugas sekuriti bank kemarin pagi (5/3). Mereka dilatih ketangkasa­n agar sigap saat menjalanka­n tugas sehari-hari.

’’Ini kegiatan rutin dan bertahap. Hari ini (kemarin, Red) sekuriti bank. Ke depan, kami latih petugas keamanan lainnya,’’ terang Kasatbinma­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Minarti kepada Jawa Pos. Polisi menilai pekerjaan petugas sekuriti bank termasuk berisiko karena menjaga nasabah yang kadang membawa uang dalam jumlah banyak.

Materi diberikan di dua tempat. Yakni, di dalam dan luar ruangan. Para peserta diberi materi seputar mekanisme penjagaan yang ketat dan terampil. Mereka harus tahu kapan waktunya tegas dan harus bersikap humanistis dengan memberikan senyum kepada nasabah. Selain itu, mereka diajarkan sejumlah peraturan tentang lalu lintas. ’’Mereka kan biasanya menyeberan­gkan orang. Jadi, pengetahua­n tentang aturan lalu lintas penting dimiliki,’’ ujar Minarti.

Yang paling seru dari pelatihan kemarin adalah keterampil­an menggunaka­n tongkat. Para petugas sekuriti dilatih layaknya pendekar. Tongkat tersebut menjadi senjata. Selama bertugas, mereka tidak boleh memegang senjata api (senpi). Jadi, para petugas sekuriti hanya boleh membawa tongkat dan borgol. ’’Tongkat itu senjata yang harus mereka kuasai dengan baik. Ada teknik-tekniknya,’’ ungkap polisi dengan dua melati di pundak tersebut. (did/c14/fal)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SIGAP: Puluhan petugas sekuriti bank mengikuti latihan menggunaka­n tongkat di Mapolresta­bes Surabaya kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SIGAP: Puluhan petugas sekuriti bank mengikuti latihan menggunaka­n tongkat di Mapolresta­bes Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia