Jawa Pos

Suami Istri Kompak Mencuri Motor

-

SURABAYA – Tim antibandit kembali menangkap pelaku curanmor. Kali ini mereka membekuk pasangan suami istri, Saiful alias Gofer dan Yeni Indah Sari. Penangkapa­n keduanya berdasar pengembang­an penyidikan tersangka lain yang diamankan sebulan lalu.

”Sebelumnya kami menangkap Bendot. Setelah kami interogasi siapa kawanannya, dia menyebut nama dua pelaku ini,” terang Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya AKBP Shinto Silitonga kemarin (5/3).

Bendot yang memiliki nama asli Hendra Budi Permana merupakan gembong curanmor di 30 lokasi. Modusnya bervariasi. Mulai merusak gembok pagar hingga menggunaka­n kunci T.

Bersama kawanan lainnya, Gofer dan Yeni kerap menyasar kawasan perumahan yang sepi. Mereka biasa beraksi saat dini hari, sekitar pukul 03.00. Pasutri itu kompak menggasak motor sejak delapan bulan lalu. Selama ini mereka berbagi peran. ”Keduanya ini sudah mahir. Bukan sekali dua kali saja,” kata polisi asal Medan tersebut.

Kedua pelaku beraksi cukup singkat. Tidak lebih dari lima menit. Gofer bertugas sebagai pemetik. Dia merusak kunci motor yang sedang terparkir. Meski motor sudah dikunci setir, dia bisa dengan gampang meluruskan­nya. ”Istrinya bagian pemberi kode. Kalau situasi tidak aman, mereka geser,” tambah Shinto.

Berdasar hasil pemeriksaa­n, Gofer dan Yeni juga mendapat tugas merekrut orang. Mereka meyakinkan orang lain agar bersedia bergabung ke komplotann­ya. Bendot adalah salah seorang yang sukses dikader pasutri yang indekos di Lebak Jaya V tersebut.

Selain Bendot, ada nama Erfan Mansyur alias Erpan. Pria 19 tahun itu terjaring razia tim antibandit. Ketika diberhenti­kan saat berkendara, dia tidak bisa menunjukka­n surat kelengkapa­n motor. Berawal dari penyidikan Erpan itulah, polisi mengantong­i banyak nama pelaku dalam satu jaringan.

Gofer biasa membawa motor curian ke seorang penadah di Madura. Satu motor biasanya laku Rp 2,5 juta. Hasilnya dibagi rata. Sedangkan jatah istrinya sudah dihitung jadi satu dengan bagian yang diterima Gofer. ( did/c10/fal)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? KENA TEMBAK: Pasangan suami istri yang terlibat pencurian motor saat ditunjukka­n kepada awak media kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS KENA TEMBAK: Pasangan suami istri yang terlibat pencurian motor saat ditunjukka­n kepada awak media kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia