Jawa Pos

Kenalkan Tarik lewat Duta Smanstar

-

SIDOARJO – Tidak kalah dengan pemilihan Guk-Yuk Sidoarjo, SMAN 1 Tarik punya ajang kompetisi serupa. Namanya pemilihan Duta Smanstar. Selain mengenalka­n program sekolah, siswa yang menjadi pemenang mengemban tugas untuk mengenalka­n potensi Tarik kepada masyarakat luas.

Pemilihan Duta Smanstar yang berjalan sejak 2014 itu boleh dibilang cukup serius. Berlangsun­g selama empat bulan penuh. Tahun ini rangkaian seleksi dihelat mulai Februari hingga Mei mendatang. ’’Proses seleksinya memang lama karena banyak yang diujikan. Yang jadi (terpilih, Red) juga agar lebih teruji,’’ ujar Ketua Pelaksana Pemilihan Duta Smanstar Hammas Zia Urrohman kemarin (5/3).

Dia menjelaska­n, tahap seleksi kini masih berjalan. Di antaranya, tes tulis kemampuan akademik serta tes minat dan bakat. Peserta yang mendaftar harus menunjukka­n kebolehan mereka. Bisa seni, olahraga, atau keterampil­an lainnya. Yang menjadi mentor adalah Duta Smanstar tahun sebelumnya.

Selanjutny­a, ada tes wawancara untuk melihat pemahaman mereka tentang kondisi dan potensi Kecamatan Tarik. Termasuk karakteris­tik masyarakat dan beragam serba-serbinya. Juga, akan ada unjuk kemampuan fashion show di hadapan seluruh juri dan siswa.

Dalam fashion show tersebut, selain harus stylish dan percaya diri berlenggak­lenggok, mereka wajib memiliki kemam- puan komunikasi yang baik. Sebab, akan ada pertanyaan bebas dari juri dan penonton mengenai visi serta target yang hendak mereka capai saat menjadi Duta Smanstar selama setahun.

Pemilihan duta itu ditujukan khusus untuk kelas X dan XI. Setiap kelas mengirimka­n satu pasangan yang akan bersaing dengan pasangan dari kelas lain. ’’Ada banyak pasangan yang ikut seleksi. Dari kelas X ada 11 pasang dan dari kelas XI ada 10 pasang,’’ tutur Hammas.

Nantinya terpilih dua pasangan duta. Satu pasangan mengemban amanah sebagai Duta Smanstar, sedangkan satu pasangan lagi dinobatkan menjadi Duta Persahabat­an. ’’Mereka akan bersaing ketat,’’ katanya.

Menurut Hammas, banyak manfaat dari ajang tersebut. Salah satunya, memfasilit­asi pengembang­an beragam potensi dan bakat siswa-siswi Smanstar. Ada yang bersuara merdu hingga luwes menampilka­n beragam tarian. Mereka juga tampil kreatif dengan menggunaka­n kostum rancangan sendiri.

’’Posisi kecamatan Tarik kan jauh dari Kota Sidoarjo, ada di ujung barat,’’ lanjut Hammas. Dengan adanya pemilihan Duta Smanstar, potensi Tarik yang jauh dari pusat keramaian Sidoarjo bisa lebih terdongkra­k. ’’Kadang orang tanya-tanya Tarik itu di mana ya? Ada apa ya di sana? Nah, tugas duta tersebut nantinya menjawab pertanyaan semacam itu,’’ jelas siswa yang juga menjabat Duta Persahabat­an Smanstar 2016 tersebut. (uzi/c15/pri)

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? PENUH PERCAYA DIRI: Dari kiri, Duta Persahabat­an Smanstar 2016 Hammas Zia Urrohman dan Annisa Nur Islamiyah beserta Duta Smanstar 2016 Apri Wibowo saat technical meeting dengan puluhan pasangan peserta pemilihan Duta Smanstar 2017 kemarin.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS PENUH PERCAYA DIRI: Dari kiri, Duta Persahabat­an Smanstar 2016 Hammas Zia Urrohman dan Annisa Nur Islamiyah beserta Duta Smanstar 2016 Apri Wibowo saat technical meeting dengan puluhan pasangan peserta pemilihan Duta Smanstar 2017 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia