Jawa Pos

Dilatih Brimob, Bertugas Mirip Paspampres

Ratusan anggota Brigade Beringin resmi bergabung dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Mereka akan bertugas mengamanka­n tokoh dan aset-aset penting milik partai.

-

SETELAH mendapat tempaan langsung dari Brimob Polri, kemarin (10/3) Brigade Beringin Partai Golkar diserahter­imakan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar DKI Jakarta kepada DPP Golkar selaku operator. Total ada 215 anggota Brigade Beringin yang diserahkan DPD Golkar DKI kepada Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto (Setnov). Serah terima dilakukan di halaman kantor pusat DPP Partai Golkar.

DPP memang sedang membutuhka­n satuan pengamanan terlatih yang mengemban misi khusus. Di dunia militer, satuan itu sama dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Hal itu terlihat dari tugas mereka untuk mengamanka­n tokoh dan aset-aset penting milik Golkar.

Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Partai Golkar Yorrys Raweyai menyatakan, pembentuka­n Brigade Beringin dirancang sejak Oktober lalu. Mereka diharapkan menjadi kekuatan inti yang terlatih dan terdidik untuk mengawal aset Partai Golkar.

Setelah diserahter­imakan dari DPD ke DPP Golkar, kesatuan serupa nanti dibentuk di level provinsi. ’’Di setiap provinsi nanti harus ada Brigade. Jumlahnya tidak boleh banyak. Terlatih, terdidik, dan memiliki jiwa korsa,’’ kata Yorrys di sela-sela acara.

Untuk melatih Brigade Beringin, kata dia, Partai Golkar bekerja sama dengan pusat pendidikan Polri. Anggota dilatih sejak 28 Januari sampai 10 Februari. ’’Pembinanya adalah DKI, single user

DPP,’’ ungkap Yorrys. Brigade Beringin, lanjut dia, bisa digunakan untuk pengamanan pilkada DKI putaran kedua nanti. Instruksi tersebut menjadi tugas pertama brigade tersebut. Mereka disiapkan untuk mengawal saksi-saksi di TPS, termasuk memberikan penguatan agar masyarakat terlibat aktif dalam pilkada.

’’Kita tahu kan ada 22 persen (pemilih) yang tidak ikut (pemungutan suara). Bisa karena kebiasaan tidak ikut, ada maladminis­trasi, ada yang terprovoka­si dengan isu-isu yang ada,’’ ungkapnya.

Setnov berharap segera terbentuk Brigade Beringin di provinsi-provinsi. ’’Saya minta kesiapan para Brigade ini untuk mengamanka­n Golkar. Apakah siap?’’ ujar Setnov yang disambut kata siap layaknya pasukan pengamanan.

Ajang serah terima Brigade Beringin kemarin juga diwarnai unjuk performa pasukan yang ditempa polisi selama dua minggu tersebut. Misalnya, bela diri. Mereka memperliha­tkan kemampuan duel satu lawan satu.

Unjuk performa kemudian dilanjutka­n dengan pengamanan terhadap VVIP. Layaknya Paspampres, Brigade Beringin juga mengawal tokoh penting sesuai dengan standar pengamanan. Saat tiba di lokasi, pengawalan terus dilakukan di dekat tokoh. Saat terjadi situasi genting, mereka mempertont­onkan kemampuan mengamanka­n VVIP hingga masuk ke mobil untuk segera diamankan. (bay/c5/agm)

 ??  ?? nya
nya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia