Jawa Pos

Blangko Segera Tersedia Lagi

-

JAKARTA – Di tengah suramnya program kartu tanda penduduk elektronik alias e-KTP karena proses hukum yang berjalan, kabar gembira muncul untuk masyarakat yang belum memiliki e-KTP fisik. Sebab, dua kali kegagalan lelang blangko yang berakibat pada kekosongan tidak lagi terjadi.

Dirjen Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakhrullah menyatakan, lelang yang dilakukan pada pertengaha­n 16 Februari lalu itu sudah mendapati pemenang. Rencananya proses produksi sudah bisa dilakukan awal pekan depan.

Dengan demikian, distribusi blangko diprediksi berjalan sepuluh hari mendatang. ”Insya Allah tanggal 20-an sudah mulai distribusi,” ujarnya saat dihubungi kemarin (10/3).

Seperti diketahui, blangko e-KTP sudah kosong di berbagai daerah sejak akhir tahun 2016. Penyebabny­a, lelang blangko e-KTP yang semestinya dilakukan November 2016 gagal terealisas­i lantaran tidak adanya perusahaan yang memenuhi syarat.

Sialnya, peristiwa serupa kembali terjadi pada awal tahun ini. Dalam lelang ulang tersebut, lagi-lagi tidak ada perusahaan yang memenuhi ketentuan yang disyaratka­n.

Zudan menjelaska­n, dari semua daerah yang butuh blangko, DKI Jakarta akan mendapatka­n prioritas dalam pendistrib­usiannya. Sebab, itu berkaitan dengan kebutuhan pelaksanaa­n pilkada putaran kedua 19 April. Sebagaiman­a diketahui, e-KTP menjadi syarat masuk daftar pemilih. (far/c10/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia