Jawa Pos

Potongan Kiswah Kakbah Hiasi Istiqlal

-

JAKARTA – Potongan kiswah atau kain penutup Kakbah resmi dipasang di Masjid Istiqlal, Jakarta, kemarin (10/3). Potongan kiswah itu dipasang di sisi kanan mimbar masjid. Kiswah tersebut dibingkai dalam pigura dan ditempatka­n di bawah tulisan dua kalimat syahadat.

Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Muhammad Muzammil Basyuni menerangka­n, kiswah pemberian Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud itu berisi surah Al Baqarah ayat 125. ”Maknanya cukup dalam,” katanya. Dengan lafaz yang tertera di kiswah tersebut, diharapkan Masjid Istiqlal adalah bagian dari makam Ibrahim.

Muzammil menjelaska­n, kiswah itu merupakan kado Raja Salman untuk seluruh masyarakat Indonesia. Hanya, kain tersebut dititipkan ke pengelola Masjid Istiqlal.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, kiswah itu diberikan Raja Salman saat berkunjung ke Istiqlal Kamis pekan lalu (2/3). Lafaz dalam kiswah tersebut tertulis dengan benang emas.

Setidaknya ada lima hal istimewa dalam pemberian kiswah itu. Antara lain adalah makna yang terkandung dalam surah Al Baqarah 125. Yakni menjadikan Baitullah sebagai tempat berkumpul yang aman bagi umat manusia.

Lukman mengapresi­asi kepu- tusan pengelola masjid menempatka­n kiswah di titik yang mudah dilihat jamaah. ”Mari kita doakan Raja Salman selalu sehat dan bisa terus menebarkan kemaslahat­an bagi semua orang,” tuturnya. (wan/c9/ca)

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? ISTIMEWA: Menag Lukman Hakim Syaifuddin meresmikan pemasangan kiswah di Masjid Istiqlal kemarin.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ISTIMEWA: Menag Lukman Hakim Syaifuddin meresmikan pemasangan kiswah di Masjid Istiqlal kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia