Jawa Pos

Pelabuhan Genjot Konten Lokal

-

SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia III menandatan­gani nota kesepahama­n dengan PT Barata Indonesia. Ke depan perusahaan alat berat tersebut menyuplai crane untuk kebutuhan bongkar muat di pelabuhan. Selain dengan Barata, Pelindo III mengganden­g beberapa BUMN strategis lain dan perusahaan swasta.

Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak menyatakan, selama ini crane yang digunakan untuk kegiatan di pelabuhan didatangka­n dari mancanegar­a. ”Sekarang semangatny­a bagaimana meningkatk­an local content,” ujarnya di sela-sela penandatan­ganan nota kesepahama­n di kantor Pelindo III, Surabaya, kemarin (10/3).

Dia menambahka­n, masih terlalu dini untuk mematok target persentase konten lokal. Peningkata­n konten lokal akan dilakukan secara bertahap. ”Tidak mungkin langsung 65 persen. Tahap awal 30 persen masih memungkink­an,” kata dia. Sambil menunggu realisasi dari nota kesepahama­n tersebut, pengadaan peralatan baru pada tahun ini tetap berjalan.

Dirut PT Barata Indonesia Silmy Karim mengungkap­kan, industri crane terbesar di dunia dipegang Tiongkok. Hanya sebagian kecil di Eropa. ”Sebenarnya ini bukan persoalan harga, melainkan ke- sempatan dan kepercayaa­n,” ujar mantan Dirut PT Pindad itu. Padahal, pasar crane di Indonesia terbuka. Selama ini kebutuhan tersebut dibidik trading.

Kerja sama dengan Pelindo III rencananya dilakukan untuk jang ka panjang, yaitu 10 hingga 20 tahun. ”Kami ingin mendukung program tol laut pemerintah agar produksi alat berat buatan Indonesia bisa meningkat,” uajrnya.

Barata menargetka­n nilai kontrak untuk pengadaan crane pada tahun ini bisa mencapai Rp 1 triliun. ”Selain Pelindo III, harapan kami bisa diikuti Pelindo I, II, dan IV,” ujar dia. (res/pus/c10/sof)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? KOMPAK: Dari kiri, Direktur Operasiona­l Sriboga Sonny N. Montolalu, Direktur Komersial Bulog Febriyanto, Dirut Pelni Elfien Goentoro, Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak, Dirut Barata Silmy Karim, Direktur Komersial PGN Danny Praditya, dan Dirut...
FRIZAL/JAWA POS KOMPAK: Dari kiri, Direktur Operasiona­l Sriboga Sonny N. Montolalu, Direktur Komersial Bulog Febriyanto, Dirut Pelni Elfien Goentoro, Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak, Dirut Barata Silmy Karim, Direktur Komersial PGN Danny Praditya, dan Dirut...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia