Jawa Pos

Citibank Fokus Layanan Digital

-

SURABAYA – Citibank Indonesia (Citi Indonesia) memperkuat layanan perbankan digital, baik untuk nasabah korporasi maupun ritel. Tahun lalu, Citi Indonesia meluncurka­n program digitalisa­si untuk sektor korporasi.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan, pihaknya berfokus pada perusahaan multinasio­nal dan lokal, public sector, serta financial institutio­n. Tahun lalu, mereka meluncurka­n Citi Virtual Card, yaitu kartu kredit tanpa bentuk fisik.

’’Selama ini, digitalisa­si identik dengan retail banking saja. Namun, kami melihat sejumlah nasabah korporasi terbantu dengan digitalisa­si transaksi perbankan,’’ ujarnya.

Awal tahun ini, pihaknya meluncurka­n CitiDirect dengan MobilePass yang memungkink­an nasabah bertransak­si tanpa menggunaka­n token. Jadi, ada kode OTP ( one time password) yang dikirimkan.

Untuk retail banking, pihaknya akan meluncurka­n beberapa fitur di mobile banking. Nanti, mobile banking itu kompatibel dengan platform dari Citi global. Di dunia, Citi terdapat di 101 negara. Semen- tara itu, di Asia, Citi ada di 13 negara. ’’Kalau mau klaim digital, semua fitur di harus ada di

Jadi, tutur Batara. Pihaknya bakal merilis fitur baru untuk layanan digital perbankan yang bisa diakses di ’’Komitmen kami, digitalisa­si bukan hanya layanan pada nasabah, tapi juga ekosistem,’’ ucapnya.

Tercatat, 80 persen nasabah Citi Indonesia sudah beralih ke layanan perbankan digital. Persentase tersebut tidak jauh berbeda dengan nasabah Citi di negara-negara di Asia. Artinya, mengakses layanan perbankan secara digital sudah menjadi kebiasaan. ’’Bisa dihitung jari tingkat kunjungan seorang nasabah ke kantor,’’ imbuhnya.

Apakah itu akan mendongkra­k fee based income? Batara menuturkan, penerapan digitalisa­si dapat berdampak pada fee based income. Namun, hal tersebut tidak menjadi prioritas perusahaan. Apalagi, persaingan antarperba­nkan untuk menggenjot fee based income juga ketat. ’’Komposisi fee based income sekitar sepertiga, sisanya dua pertiga dari pendapatan bunga,’’ terangnya. (res/c18/noe)

 ??  ?? desktop handphone. digital means mobile,’’ handphone.
desktop handphone. digital means mobile,’’ handphone.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia