Jawa Pos

Tolop, Jalur Favorit Penyelundu­p dari Malaysia

-

BATAM – Wilayah terdepan Pulau Tolop sangat rawan penyelundu­pan dan aksi perompakan. Pulau itu berhadap-hadapan langsung dengan Singapura. Alhasil, pulau tersebut menjadi jalur favorit para penyelundu­p dari Malaysia untuk bisa masuk ke Indonesia.

”Pada 2015, ada 78 kasus penangkapa­n yang langsung disergap Unit Reaksi Cepat dari Unit Komando Armada Barat,” kata Panglima Komando Armada Barat (Pangarmaba­r) Laksamana Muda Aan Kurnia di Pulau Tolop saat menerima kunjungan Menteri Koordinato­r Bidang Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan.

Aan mengakui, kebanyakan para penyelundu­p berasal dari Negeri Ringgit. Mereka beraksi saat malam. Aktivitas makin meningkat saat cuaca dalam keadaan buruk. ”Berangkat dari Singapura, mereka membawa barang selundupan seperti barang elektronik, kasur, sembako, narkoba, bahkan mobil,” tambahnya.

Aan melanjutka­n, saat ini armadanya mampu menurunkan tingkat penyelundu­pan hingga nol. ”Kami membentuk pola pengamanan teritorial yang menggunaka­n citra satelit sehingga unit reaksi cepat bisa melaksanak­an tugasnya,” ungkapnya.

Namun, dia juga merasakan banyaknya kendala yang dialami Unit Komando Armada Barat. Salah satunya, kekurangan kapal untuk melakukan pengawasan. Selain itu, mereka tidak memiliki kapal tanker yang cukup kompetitif.

Di tempat yang sama, Luhut me- nyatakan, pengamanan wilayah perbatasan sangat penting untuk menjaga stabilisas­i keamanan Indonesia. Dia kemudian mengeluark­an gagasan bahwa tidak perlu ada lagi kapal yang dikaramkan.

Hingga saat ini, ada 250 kapal berbendera asing yang ditenggela­mkan pemerintah karena memasuki perairan Indonesia secara ilegal. ”Lebih baik kapal-kapal tersebut jangan ditenggela­mkan lagi, tapi dihibahkan saja untuk pemerintah, militer, badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), atau UKM,” ungkapnya. (leo/c25/ami)

 ?? CECEP MULYANA/BATAM POS ?? KE PERBATASAN: Menko Kemaritima­n Luhut Pandjaitan (dua dari kiri) bersama dengan CEO Infinite Studios Mike Wiluan di Nongsa, Jumat (10/3). Luhut juga melakukan kunjungan ke Pulau Tolop.
CECEP MULYANA/BATAM POS KE PERBATASAN: Menko Kemaritima­n Luhut Pandjaitan (dua dari kiri) bersama dengan CEO Infinite Studios Mike Wiluan di Nongsa, Jumat (10/3). Luhut juga melakukan kunjungan ke Pulau Tolop.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia