Jawa Pos

Rp 18 M untuk Seragam Gratis

-

BONTANG – Duet pemimpin Kota Bontang, Neni Moerniaeni dan Basri Rase, akan merealisas­ikan program seragam sekolah gratis tahun ini. Pemkot Bontang pun menyiapkan anggaran Rp 18 miliar. Seragam tersebut diberikan kepada seluruh pelajar, baik negeri maupun swasta.

Awalnya, pelajar yang bakal mendapatka­n seragam berjumlah 29.523 orang. Namun, angka itu berubah seiring dengan pertambaha­n anak didik baru. Yakni, menjadi 38.727 orang. Rencananya, pengadaan dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang. Seragam itu ditargetka­n dipakai pada awal tahun pelajaran 2017–2018.

”Atas kesepakata­n tim anggaran, peruntukan Rp 18 miliar dibagi menjadi tiga jenis. Anggaran untuk pengadaan seragam dialokasik­an Rp 6,6 miliar, sepatu Rp 6,7 miliar, dan tas sekolah Rp 5,9 miliar. Jadi, pemenang lelang tidak hanya satu, tapi terpisah menjadi tiga,” terang Kepala Seksi Kurikulum SMP Disdikbud Bontang Saparuddin.

Dia mengaku sudah menentukan spesifikas­i seragam. Namun, dia kesulitan karena belum melihat fisiknya. Karena itu, dalam waktu dekat, dia berangkat ke Jakarta dan Bandung untuk melihatnya. ”Kami ingin spesifikas­i yang baik. Jenis kain akan diuji coba di laboratori­um di Bandung atau Jakarta. Hasilnya nanti menjadi dasar penyusunan harga perkiraan sendiri (HPS, Red) untuk pelelangan,” ungkap Saparuddin yang juga menjadi pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) proyek tersebut. (*/and/ica/k11/c16/ami)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia