Jawa Pos

Anies Baswedan Dilaporkan ke KPK

Goenawan Mohamad Sebut Salah Alamat

-

JAKARTA – Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilaporkan ke Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK). Laporan itu berkaitan dengan dugaan tindak pidana korupsi proyek Frankfurt Book Fair 2015 sebesar Rp 146 miliar.

Laporan tersebut diterima KPK Kamis (9/3). Pelapornya Andar Mangatas Situmorang, direktur Government Against Corruption and Discrimina­tion (GACD). Menurut pelapor, Anies diduga melakukan kejahatan jabatan saat menggelar pameran kebudayaan Indonesia dan buku Laskar Pelangi di salah satu kota di Jerman.

Anies dituduh menyusupka­n kegiatan pameran buku Amba dan Pulang yang membahas pembasmian PKI 1965. ”Tentu semua pelaporan yang masuk kami telaah. Kami lihat apa ada indikasi tindak pidana korupsi atau tidak,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Febri menyebut laporan yang diterima KPK selama ini tidak selalu merupakan tindak korupsi.

Andar Mangatas Situmorang saat dihubungi menganggap dugaan korupsi yang dilakukan Anies cukup sistematis. Sebab, anggaran Rp 146 miliar hanya digunakan untuk pameran buku selama tiga hari di Jerman. ”Bandingkan dengan biaya raja Arab dengan rombongan 1.500 orang ke Jakarta hanya Rp 160 miliar,” ungkapnya kepada Jawa Pos.

Sementara itu, Anies Baswedan tidak mau ambil pusing dengan laporan tersebut. Dia tetap fokus pada pilkada DKI Jakarta. M. Taufik, wakil ketua tim pemenangan Anies-Sandi dalam pilkada DKI Jakarta, menuturkan bahwa jawaban atas laporan itu sudah disampaika­n jurnalis senior Goenawan Mohamad. ”Sudah dijawab sama orang lain,” ucapnya singkat.

Goenawan Mohamad melalui akun media sosialnya menyatakan, pihak yang paling bertanggun­g jawab bila ada dugaan korupsi di pameran buku di Frankfurt adalah dirinya. Sebab, saat itu dia menjabat ketua komite nasional untuk acara besar selama 2014–2015 di Frankfurt, Leipzig, dan London. ”Bukan karena saya mau pasang badan buat Anies, yang bukan pilihan saya untuk pilkada ini. Tapi karena tak adil untuk dia (Anies, Red),” tuturnya. (tyo/c10/ang)

Bukan karena saya mau pasang badan buat Anies, yang bukan pilihan saya untuk pilkada ini. Tapi karena tak adil untuk dia (Anies, Red).”

GOENAWAN MOHAMAD

Ketua Komite Nasional untuk Frankfurt Book Fair 2015

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia