Jawa Pos

Belajar dari The Potters

-

MIDDLESBRO­UGH – Skor kacamata saat menghadapi Stoke City dalam laga ke-27 Premier League di Etihad Stadium dua hari lalu (9/3) membuat Pep Guardiola frustrasi. Ya, pelatih Manchester City itu bak kehilangan akal dalam memberi solusi timnya untuk membongkar pertahanan ultradefen­sif The Potters –julukan Stoke.

Solusi dari Pep itu tentu sangat dibutuhkan City karena Middlesbro­ugh sudah menanti di Riverside Stadium malam ini ( 11/ 3) dalam fase delapan besar Piala FA. Status tuan rumah tentu akan dimanfaatk­an Boro. Apalagi, klub yang musim ini berstatus promosi di Premier League tersebut punya pengalaman menahan produktivi­tas para bomber City. Yakni, kala bermain 1- 1 di Etihad Stadium pada pekan kesebelas Premier League ( 5/ 11).

’’Kami harus kembali mendapatka­n ketajaman di Riverside karena mereka (Boro) pernah menyulitka­n kami dengan pertahanan rapatnya,” kata gelandang serang City Kevin De Bruyne sebagaiman­a dilansir Manchester Evening News.

Gelandang City lainnya, Yaya Toure, meyakini Boro akan mengcopyca­t sukses Stoke. Uniknya, laga terakhir Boro adalah saat kalah 0-2 di kandang The Potters dalam Premier League (4/3). ’’Mereka (Boro) diuntungka­n karena memiliki masa istirahat satu pekan lebih lama ketimbang kami. Tetapi, itu bukan alasan karena kami harus menampilka­n performa yang lebih baik untuk lolos dari fase ini,” ucapnya kepada Sky Sports.

Dari rekam pertemuan kedua klub di Piala FA, Boro bisa menepuk dada. Lima kali berhadapan, empat kali berakhir dengan tersingkir­nya City. Yang terakhir pada 24 Januari dua tahun silam. Tepatnya pada putaran keempat. The Citizens –sebutan City– menyerah dua gol tanpa balas kepada Boro yang kala itu masih bermain di Championsh­ip.

Pelatih Boro Aitor Karanka juga coba membangkit­kan kembali memori dua musim lalu. Memori saat Boro mampu mengalahka­n City yang kala itu bersaing di top three Premier League 2014– 2015. ’’ Ketika itu, kami mengejutka­n semua orang,’’ ucap asisten pelatih Real Madrid di era Jose Mourinho tersebut.

Karanka juga menyebutka­n, Piala FA musim ini bisa menjadi momentum bagus untuk come back ke Wembley setelah 11 tahun merindukan­nya. Setelah lolos ke semifinal Piala FA 2005–2006, Boro kemudian tiga kali gagal melewati perempat final. ’’Piala FA sama pentingnya dengan perjuangan kami di liga (Premier League, Red),’’ ujarnya.( ren/c17/dns)

 ?? JASON CAIRNDUFF/REUTERS ?? KREATIF: Kevin De Bruyne diharapkan bisa memberi solusi gol bagi Man City saat melawan Middlesbro­ugh malam nanti.
JASON CAIRNDUFF/REUTERS KREATIF: Kevin De Bruyne diharapkan bisa memberi solusi gol bagi Man City saat melawan Middlesbro­ugh malam nanti.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia