Jawa Pos

Hapus Overconfid­ence

-

MASA-MASA sulit sedang menerpa Surabaya Bhayangkar­a Samator. Penyebabny­a adalah dua kekalahan beruntun dari seri pertama putaran II di Gresik pekan lalu. Kondisi tersebut membuat Samator menanggung beban saat menjalani seri kedua di Surabaya.

Berbagai evaluasi telah dilakukan Samator. Terutama dari sisi mental. Manajer Samator Hadi Sampurna telah menginstru­ksi para pemainnya agar tidak overconfid­ent dalam meladeni pertanding­an tersisa.

Masalah percaya diri berlebih itulah yang berusaha diatasi segenap skuad Samator menjelang laga melawan juru kunci klasemen sementara Batam Sindo BVN malam ini (11/3). Hadi menuturkan, kekalahan yang diterima dijadikan sebagai cambuk untuk tampil lebih tegar dan kompak. Para pemain diimbau segera melupakan, baik kemenangan beruntun di lima laga awal maupun dua kekalahan terakhir. ”Kami hanya berfokus pada pertanding­an besok (hari ini, Red),” ujarnya.

Hal senada diungkapka­n Pelatih Ibarsjah Djanu Tjahjono. Menurut dia, siapapun lawannya, seluruh peserta Proliga tidak bisa dipandang sebelah mata. ”Terbukti, mereka (BVN) bisa mengalahka­n BNI. Jadi, kami harus tetap berkonsent­rasi,” katanya.

Sebelum laga, kubu Samator malah mendapatka­n kabar tak sedap. Mereka menerima sanksi denda Rp 10 juta setelah insiden protes berlebihan kepada wasit yang dilakukan sang kapten, Mahfud Nurcahyadi saat menghadapi Jakarta Pertamina Energi di seri pertama (4/3) lalu.

Saat itu, Mahfud terlihat emosional. Pada pertengaha­n set keempat, Mahfud diputuskan foul oleh wasit karena dianggap menyentuh net. Padahal, Mahfud tidak merasa menyentuhn­ya.

Direktur Proliga Hanny S. Surkatty menjelaska­n, sikap Mahfud itu, merupakan tindakan yang mencoreng nama Proliga dan PBVSI. ”Memang sudah ada regulasiny­a bahwa pemain, ofisial, suporter, bahkan wasit tidak boleh melakukan tindak kekerasan. Baik di dalam maupun di luar lapangan,” jelasnya. (rpd/tif/c16/ady)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PERHITUNGA­N: Kapten Surabaya Bhayangkar­a Samator Mahfud Nurcahyadi.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PERHITUNGA­N: Kapten Surabaya Bhayangkar­a Samator Mahfud Nurcahyadi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia