Jawa Pos

Hari Ini Penentuan bagi Alaphilipp­e

-

FAYENCE – Tanjakan terakhir etape 6 Paris-Nice di Col de Bourigaill­e ikut menentukan perubahan puncak klasemen umum sementara. Simon Yates (Orica-Scott) menjadi kampiun setelah melakukan solo attack sejak 600 meter menjelang garis finis.

Pembalap Team Sky Sergio Henao finis sebagai runner-up. Namun, selisihnya dengan Yates cukup jauh, mencapai 17 detik. ”Aku punya ide untuk mencoba sesuatu, tapi semuanya bergantung bagaimana aku merasakan kondisinya saat itu. Setelah aku mera- sakan momennya, saat itulah aku melakukan attack. Aku tidak punya beban. Kalaupun terkejar, ya sudah,” ungkap Yates setelah balapan.

Ternyata keputusann­ya benar. Sejumlah pesaingnya kehabisan tenaga di tanjakan terakhir yang punya kemiringan rata-rata sampai 7 persen itu. Pimpinan klasemen sementara, pembalap Julian Quick-Step Floors Julian Alaphilipp­e, finis di posisi keempat dengan selisih 29 detik dari Yates. Hasil itu semakin membuat dia kukuh di puncak.

Posisi Henao, yang finis runner-up, naik ke peringkat ketiga di klasemen umum. Jaraknya dengan Alaphilipp­e mencapai 46 detik. Tony Gallopin (Lotto Soudal) berada di peringkat kedua sementara dengan selisih 36 detik.

Dengan dua etape tersisa, posisi Alaphilipp­e belum tentu aman. Sebab, etape 7 yang berlangsun­g dari Nice ke Col de la Couillole adalah tipe gunung. Henao yang difavoritk­an sebagai kandidat juara belum menyerah. Semuanya akan ditentukan performany­a hari ini. (cak/c11/nur)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia