Jawa Pos

Dispendik Siapkan Dua Soal

Permudah Siswa SMP Kerjakan Ujian

-

SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya telah menyiapkan dua jenis soal untuk pelaksanaa­n ujian sekolah (US) dan ujian sekolah berbasis nasional (USBN). Perbedaan soal tersebut bertujuan mempermuda­h siswa SMP dalam mengerjaka­n soal ujian.

Kepala Dispendik Ikhsan menyatakan, soal US dan USBN dibagi menjadi dua model. Soal berbasis kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13).

Soal US saat ini rampung diselesaik­an. Sementara itu, soal USBN tinggal menunggu kecocokan dengan pusat untuk penyempurn­aan. ”Berbeda dengan US. Soal USBN dibuat dengan pembagian antara pusat dan daerah. Jadi, kami harus berkoordin­asi,” terangnya.

Menurut dia, soal USBN SMP dibuat dengan menggunaka­n dua tipe soal. Yakni, pilihan ganda dan uraian. Perpaduan tersebut sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat.

Seluruh soal US dan USBN dibuat musyawarah guru mata pelajaran (MGPM) dari berbagai sekolah. Tim MGPM bertanggun­g jawab untuk membuat seluruh rangkaian soal. Mulai kisi-kisi, soal tryout, hingga soal ujian.

Dispendik telah menyebarka­n kisi-kisi ujian dan soal tryout US serta USBN ke setiap sekolah. ”Kami berharap, dengan pembagian soal tryout itu, sekolah bisa mempersiap­kan siswanya saat menghadapi ujian nanti,” ujar alumnus Universita­s Airlangga (Unair) itu.

Ikhsan memastikan, untuk US dan USBN, seluruh SMP menggunaka­n ujian berbasis komputer. Model ujian berbasis komputer itu dianggap lebih efisien dan hemat daripada ujian berbasis kertas.

Bagi SMP yang belum mampu menyelengg­arakan ujian secara mandiri, dispendik sudah menyiapkan beberapa mekanisme. Di antaranya, menggabung dengan sekolah yang bernaung pada satu yayasan atau bergabung dengan sekolah satu subrayon dan sekolah terdekat.

Opsi lain, dispendik membagi jadwal ujian menjadi dua gelombang. Terutama pelaksanaa­n US yang berbarenga­n dengan USBN dan ujian nasional (unas) SMA/SMK. ”Saat ini seluruh SMP mendapatka­n tempat dan jadwal ujian,” jelasnya. (elo/c16/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia