Jawa Pos

Suprajarto Pulang Kandang ke BRI

-

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) punya nakhoda baru. Dia adalah Suprajarto, wakil direktur utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang menjabat sejak 17 Maret 2015.

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) BRI kemarin (15/3) mendudukka­n Suprajarto sebagai direktur utama BRI untuk menggantik­an Asmawi Syam. Suprajarto bukan orang baru di BRI.

Sebelum pindah ke BNI, dia menjabat kepala Divisi Sekretaria­t Perusahaan BRI pada 2005–2006, pemimpin wilayah BRI Jakarta 2006–2007, serta direktur jaringan dan layanan BRI 2007–2015.

Selama menjabat wakil direktur BNI, Suprajarto berhasil memba- wa BNI menjadi bank dengan kinerja yang sangat memuaskan. Terbukti, laba bersih BNI tahun lalu tumbuh 25,1 persen. Pertum- buhan itu didorong pendapatan nonbunga, terutama dari kartu debit dan bancassura­nce.

Di sisi lain, Asmawi Syam, mantan Dirut BRI, juga berhasil membawa BRI pada capaian yang positif. Meski laba tahun lalu tumbuh tipis 1,63 persen, BRI masih menjadi salah satu bank dengan laba bersih terbesar di Indonesia, yakni Rp 25,8 triliun.

Selain mengganti Dirut, BRI menempatka­n Indra Utoyo yang sebelumnya menjabat direktur digital strategis PT Telekomuni­kasi Indonesia Tbk (Telkom) sebagai direktur operasiona­l untuk menggantik­an Zulhelfi Abidin . Penggantia­n direktur dari Telkom itu diharapkan bisa membantu BRI men- jadi bank yang berfokus di sektor UMKM, tetapi tetap unggul dari sisi pengembang­an teknologi.

Di luar direksi, komisaris utama dijabat Andrinof A. Chaniago yang menggantik­an Mustafa Abubakar. Andrinof adalah kepala Bappenas pada 2014–2015. Sebelumnya, dia menjabat komisaris utama PT Angkasa Pura I.

Pengamat perbankan Paul Sutaryono menuturkan, hadirnya Dirut baru BRI dari BNI merupakan hal yang bisa mendukung proses holding BUMN. Holding BUMN di bidang keuangan ditargetka­n dapat terealisas­i pada kuartal II 2017. BRI membutuhka­n Dirut yang ahli soal perbankan di sektor mikro sekaligus korporasi. (rin/c14/noe)

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? KONSOLIDAS­I: Asmawi Syam (tengah) dan Wakil Dirut Sunarso (dua dari kanan) setelah RUPST BRI di Jakarta kemarin.
RAKA DENNY/JAWA POS KONSOLIDAS­I: Asmawi Syam (tengah) dan Wakil Dirut Sunarso (dua dari kanan) setelah RUPST BRI di Jakarta kemarin.
 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? Suprajarto
RAKA DENNY/JAWA POS Suprajarto

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia