Jawa Pos

Curiga Trump Bocorkan Laporan Pajak Sendiri

-

WASHINGTON – Mendadak saja laporan pajak Donald Trump bocor. Padahal, presiden AS tersebut berkali-kali ngeles saat diminta memublikas­ikan laporan pajaknya. Yang aneh, bocoran itu hanya dua lembar. Tepatnya pada jumlah pembayaran pajaknya saja. Tidak ada sumber penghasila­n dan keterangan lain. Keanehan lain, laporan tersebut dikirimkan lewat pos ke alamat rumah salah seorang jurnalis jaringan televisi MSNBC.

David Cay Johnston, penulis buku The Making of Donald Trump yang menerima kiriman tersebut, mengaku tidak tahu siapa yang mengirimka­nnya. ’’Sangat mungkin Donald yang mengirimka­nnya kepada saya. Dengan orang seperti Donald, kamu tidak akan pernah tahu. Dia memiliki sejarah panjang membocorka­n materi tentang diri sendiri ketika berpikir bahwa itu akan menguntung­kan dirinya,’’ ujar pemenang Pulitzer Prize tersebut.

Berdasar laporan itu diketahui bahwa presiden ke-45 AS tersebut mempunyai penghasila­n USD 152,7 juta (Rp 2,04 triliun) pada 2005. Namun, dia mendeklara­sikan kerugian USD 103 juta (Rp 1,4 triliun) pada tahun yang sama. Trump membayar pajak penghasila­n fede- ral untuk dirinya dan sang istri Melania USD 5,3 juta (Rp 70,8 miliar) dan USD 31 juta (Rp 414,3 miliar) untuk alternativ­e minimum tax (AMT). Total, Trump membayar USD 36,3 juta (Rp 485,1 miliar).

AMT adalah aturan yang didesain mencegah orang kaya menggunaka­n celah hukum untuk menghindar­i membayar pajak. Saat kampanye presiden dulu, salah satu janji Trump adalah menghapusk­an AMT. Seandainya saja aturan yang ada sejak 50 tahun lalu itu dihapuskan pada 2005, Trump hanya membayar pajak USD 5,3 juta.

Dengan adanya kebocoran tersebut, seakan-akan Trump ber- usaha membungkam desakan publik untuk merilis secara resmi laporan pajaknya. Gedung Putih memang berang, tetapi membenarka­n adanya penghasila­n Trump pada 2005 tersebut dan pembayaran pajaknya. Hanya, mereka tidak mau memerinci lebih lanjut pembayaran pajak Trump tersebut.

Putra Donald Trump, Donald Trump Junior, juga mencuit yang isinya berterima kasih karena bocoran itu justru mengungkap bahwa ayahnya tidak mengemplan­g pajak seperti tudingan banyak pihak selama ini. (AFP/Reuters/ BBC/CNN/sha/c14/any)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia