Jawa Pos

Tenang, Ada si Nomor 9

-

LONDON – Sosok Zlatan Ibrahimovi­c sangat vital bagi Manchester United. Terutama di laga-laga krusial. United merasakan betul efek ketidakhad­iran pemain nomor punggung 9 itu. Ketika menghadapi Chelsea di babak perempat final Piala FA (14/3), mereka dipaksa menyerah 0-1. Saat itu Ibra –sapaan Zlatan– memang tak tampil karena terkena skors tiga laga di pentas domestik.

Nah, dini hari nanti United kembali menjalani laga krusial. Mereka harus menjamu FC Rostov pada leg kedua babak 16 besar Europa League. Pada pertemuan pertama di Olimp-2 (10/3), United hanya bisa bermain imbang 1-1. Artinya, United harus bisa menang atau minimal memaksakan skor imbang tanpa gol untuk bisa lolos.

Syarat itu tak terlalu sulit bagi United. Apalagi, dini hari nanti mereka kembali diperkuat Ibra. Ya, Ibra memang hadir di saat yang tepat. Sebab, United sudah pasti kehilangan Wayne Rooney dan Anthony Martial.

”Rooney cedera pada bagian lutut,” jelas Jose Mourinho, pelatih United, kepada

ESPN. ”Martial juga harus out. Kami akan tetap menurunkan komposisi yang sama dengan laga terakhir (melawan Chelsea, Red) plus Ibra. Dia (Ibra) sudah bisa bermain di Europa League,” paparnya.

”Kami selalu berpikir positif. Ketika seorang pemain absen, pemain lainnya siap menggantik­an,” ujar pelatih asal Portugal itu. Mourinho mengingatk­an, Rostov masih bisa menyulitka­n timnya. Artinya, kedua tim masih punya peluang lantaran skor di leg pertama lalu masih 1-1. ”Kami tahu Rostov tim yang bagus. Mereka sudah sering melawan tim-tim besar di Liga Champions,” ujarnya.

Selain Ibra, sosok lain yang membuat Mourinho te nang adalah Eric Bailly. Bek timnas Pantai Gading itu absen pada leg pertama karena skors. Kini dia sudah menuntaska­n masa hukumannya. ”Rostov tetap ancaman. Mereka da- tang dengan bekal seri 1-1. Kami tak pernah meremehkan mereka,” sambung Daley Blind, bek United.

Kondisi mental Rostov pun cukup baik lantaran belum terkalahka­n dalam enam laga terakhir di semua ajang. Namun, klub asal Rusia itu tak bisa turun dengan kekuatan terbaik. Lini pertahanan mereka bakal meninggalk­an celah seiring absennya bek Vladimir Granat. Pemain 29 tahun tersebut belum pulih setelah mengalami patah tulang selangka kanan saat turun di leg pertama pekan lalu. Dia juga baru saja selesai dioperasi.

Sang kapten Aleksandr Katskan dan winger Timofei Ka lachef juga absen karena suspensi kartu pada laga pertama. Begitu pula dengan kiper utama Soslan Dzhanaev yang tidak bisa tampil karena belum fit seusai cedera dan digantikan Nikita Medvedev. ”Kami berharap bisa membuat sebuah keajaiban yang kadang-kadang terjadi di sepak bola. Sayang, kami akan bermain tanpa beberapa pemain utama,” keluh pelatih Rostov Ivan Da ni liants. (okt/c10/bas)

 ??  ?? ANGKAT MORIL: Zlatan Ibrahimovi­c meluapkan kegembiraa­n setelah menjebol gawang Southampto­n di final Piala Liga (27/2).
ANGKAT MORIL: Zlatan Ibrahimovi­c meluapkan kegembiraa­n setelah menjebol gawang Southampto­n di final Piala Liga (27/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia