Jawa Pos

Asnawi di Trek Karir yang Benar

-

KALAU keterpangg­ilan ke tim nasional (timnas) bisa dijadikan parameter karir seseorang, bisa dibilang Asnawi Mangkualam berada di jalur karir yang benar. Sebab, setelah tahun lalu membela timnas U-19, kini gelandang PSM Makassar itu masuk skuad timnas U-22.

Seperti saat berkostum timnas U-19, Asnawi pun menargetka­n bisa menjadi pilar inti. Tes pertama tentu dalam uji coba melawan Myanmar pada 21 Maret nanti.

’’Mohon doanya. Saya akan berusaha lebih keras,’’ katanya kepada Fajar ( Jawa Pos Group) di sela-sela latihan bersama PSM di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, kemarin (15/3).

Penampilan Asnawi di level klub selepas menjadi pilar di timnas U-19 memang konsisten. Di Persiba Balikpapan, klub yang dibelanya di Torabika Soccer Championsh­ip 2016, dia bermain reguler.

Asnawi biasa bermain sebagai gelandang bertahan. Mobilitasn­ya sangat tinggi dan lugas dalam bermain. Mirip gelandang senior PSM Syamsul Chaeruddin.

Latihan kemarin merupakan yang terakhir bagi putra mantan pemain PSM Bahar Muharram itu bersama Hamka Hamzah dkk. ’’Saya juga akan berdoa untuk semua teman di PSM agar mampu membawa PSM meraih trofi juara Liga 1,’’ ungkapnya. Pemusatan latihan timnas U-22 kali ini memang berdurasi panjang sehingga membuatnya tidak bisa membela PSM di Liga 1.

Menurut Asisten Pelatih Timnas U-22 Bima Sakti, training center jangka panjang timnas U-22 memang ditujukan untuk persiapan SEA Games. Dalam ajang tersebut, setiap negara hanya boleh mendaftark­an 23 pemain.

’’Tapi, kami meloloskan 26 pemain untuk menutup celah apabila ada pemain yang tiba-tiba cedera, sakit, atau performany­a menurun,’’ ungkap Bima.

Mantan kapten timnas itu menegaskan, tidak tertutup kemungkina­n ada pergantian pemain apabila performa mereka yang dipanggil menurun. ’’Kami masih punya waktu untuk evaluasi komposisi tim,’’ tegasnya.

Rencananya, timnas U-22 melakoni uji coba perdana melawan timnas Myanmar. Laga tersebut dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (21/3). (tam/abg/JPG/c5/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia