Jawa Pos

Kultur Rockets Sudah Berubah

Lolos ke Playoff Lima Musim Beruntun

-

MIAMI – Houston Rockets menjadi tim ketiga yang menembus playoff NBA 2016–2017. James Harden dkk kemarin memastikan tiket tersebut tanpa berkeringa­t karena peringkat kesembilan wilayah barat Portland Trail Blazers tergilas di kandang New Orleans Pelicans dengan skor 77-100.

Itu menjadi musim kelima secara beruntun Rockets sukses menembus playoff atau sejak Harden datang di tim itu setelah pindah dari Oklahoma City Thunder.

Musim ini, cara mereka lolos jauh lebih nyaman ketimbang season lalu. Pada season 2015–2016, Rockets baru memastikan tiket playoff pada hari terakhir seri reguler. Nyaris saja gagal. Kemenangan atas Sacramento Kings-lah yang akhirnya membuat Rockets menuju ke playoff via peringkat kedelapan. Rekor mereka biasa saja, 41-41.

Karena berada di posisi kedelapan, pada ronde pertama, Rockets bertemu juara wilayah barat Golden State Warriors. Bisa ditebak, mereka langsung tumbang dengan skor telak 1-4 dalam format best of seven.

’’Tahun ini, kami adalah tim yang berbeda,’’ kata center Rockets Clint Capela kepada Houston Chronicle. ’’Sekarang kami bertanding untuk menang, bukan untuk menembus playoff. Mindset berubah. Hanya ingin menang, bekerja keras, dan saling membantu sebagai tim. Kami benar-benar tim yang berbeda dalam sebelas bulan terakhir,’’ ungkap center 22 tahun asal Swiss itu.

Ucapan Capela sepenuhnya sahih. Rockets musim ini memang jauh lebih kuat. Kehadiran head coach anyar berpengala­man Mike D’Antoni ternyata membawa embusan angin yang sangat segar. Kemarin juara NBA 1994 dan 1995 tersebut mengunci tiket playoff dengan masih menyisakan 15 laga. Rockets menjadi tim dengan rekor terbaik nomor tiga terbaik di NBA, tepat di bawah Warriors dan San Antonio Spurs. Mereka sementara mempunyai rekor mentereng 46-21.

’’ Tim pelatih sudah melakukan tugas dengan sangat baik,’’ ucap Harden, sang bintang utama, kepada ESPN. ’’Mereka membantu kami memper- baiki kultur di dalam tim. Pemain baru dan lama menyatu dengan begitu baik sejak awal musim. Hingga saat ini, getaran kami sangat positif,’’ ujar bintang yang terkenal dengan berewoknya yang lebat itu.

Rockets kini melihat peta calon lawan mereka di playoff. Basketball Power Index ESPN menempatka­n Oklahoma City Thunder sebagai calon terkuat yang akan menantang Rockets pada ronde pertama. Sebab, Russell Westbrook dkk saat ini berada di posisi keenam wilayah barat.

Rockets sendiri unggul 2-1 dalam tiga pertemuan melawan Thunder musim ini. Kedua tim masih menyisakan satu pertemuan, yakni pada 27 Maret mendatang di Toyota Center, Houston. (irr/c23/nur)

 ?? RICHARD DREW/AP PHOTO ??
RICHARD DREW/AP PHOTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia