Jawa Pos

Nomor 1 Dunia, tapi Hampa

-

UNGGULAN ke-14 asal Rusia Elena Vesnina merusak harapan Angelique Kerber. Awalnya, petenis 29 tahun itu membayangk­an kembali menjadi petenis nomor satu dunia pada Senin WIB mendatang (20/3) sembari menggengga­m gelar juara Indian Wells Masters.

Namun, nyatanya, Kerber harus menelan pil pahit kemarin. Dia takluk dua set langsung di tangan Vesnina pada babak 16 besar. Bintang asal Jerman itu kalah 3-6, 3-6 dalam tempo 1 jam 24 menit.

’’Ini bukan hariku,’’ ucap Kerber setelah laga sebagaiman­a dilansir WTA Insider. ’’Banyak kesalahan yang aku buat. Gerakanku juga tidak maksimal,’’ tambahnya.

Hasil itu membuat Kerber belum juga meraih hasil positif sejak menjuarai Amerika Serikat (AS) Terbuka Agustus tahun lalu. Tak ada satu pun gelar yang mampu diraih sejak saat itu.

Artinya, kepastian Kerber kembali ke ranking pertama dunia Senin mendatang lebih berbau hadiah daripada hasil keringat sendiri. Dia ke puncak karena peringkat pertama dunia saat ini, Serena Williams, melewatkan banyak turnamen besar akibat kondisi fisiknya yang tak bugar.

’’Yang harus aku lakukan saat ini adalah duduk bersama tim dan pelatihku. Kami akan berdiskusi tentang apa yang positif dan membicarak­an rencana yang harus aku lakukan ke depan,’’ ujar juara Australia Terbuka 2016 tersebut.

Di sisi lain, menembus perempat final Indian Wells menjadi pengalaman pertama bagi Vesnina. Petenis 30 tahun itu telah dinanti unggulan ke-12 Venus Williams di babak tersebut. Venus memastikan tiket delapan besar setelah menang rubber set atas petenis Tiongkok Peng Shuai 3-6, 6-1, 6-3.

’’Aku begitu menghormat­i Venus dan Serena. Mereka juara sejati. Aku harap ini menjadi partai seru. Suatu kehormatan bisa bertanding melawan Venus,’’ ucap Vesnina.

Vesnina yang kini menduduki peringkat ke-15 dunia kemarin tampil apik saat menyingkir­kan Kerber. Pertahanan yang diperagaka­n begitu solid. Dia juga lebih banyak mengambil inisiatif serangan. Melawan Venus, Vesnina masih unggul secara head-to-head 3-2. Kali terakhir keduanya bertemu pada ajang Miami Open tahun lalu. Saat itu Vesnina mengalahka­n Venus dalam tiga set. (irr/c19/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia