Jawa Pos

’’Kue’’ Istimewa di Ultah Devi

-

SURABAYA – Devi, kuda nil kerdil di Kebun Binatang Surabaya, kemarin merayakan ulang tahun (ultah) ke-32. Sebagaiman­a perayaan ultah pada umumnya, kue tar dan iringan lagu ulang tahun menyambut Devi di kandang. Tapi, jangan bayangkan ada kue berlumur krim warna-warni untuk Devi. Yang ada justru ’’kue’’ yang terbuat dari kombinasi sayur dan buah kesukaan Devi.

Semula, Devi tak kunjung muncul meski pengunjung sudah berkumpul di depan kandang. Maklum, Devi adalah kuda nil yang sensitif terhadap suara berisik. Baru ketika ’’kue’’ istimewa itu diantar ke dalam kandangnya, Devi bersedia keluar dari kolam

Pengunjung yang secara khusus menghadiri ulang tahun Devi langsung menyambut dengan tepuk tangan. Suara tepuk tangan makin meriah ketika Devi menyantap hidangan istimewany­a. Acara feeding time kemarin memang tidak seperti biasanya. Maklum, siang bukan waktu pemberian makanan bagi Devi. Devi biasanya diberi makanan pada pagi dan sore.

Namun, ternyata itu menjadi cara agar Devi mau keluar dari kubangan. Dia tampak menikmati ’’kue’’ yang disusun dari pisang, ketela, kacang panjang, dan wortel ter sebut. Tentu saja, lengkap dengan lilin berbentuk angka 32. Namun, tak lupa, ada rumput kremah sebagai makanan utama Devi.

Saat pertunjuka­n feeding time berlangsun­g, ada atraksi keeper talk. Hatta Rinaldi, perawat satwa, menjelaska­n seluk- beluk Devi. Memang, Devi termasuk kuda nil spesial yang dimiliki KBS. Hatta menyatakan, Devi adalah indukan pertama yang dimiliki KBS se kaligus betina yang sudah me lahirkan banyak anak.

Chairul Anwar, direktur utama KBS yang memimpin ulang tahun Devi, menyatakan bahwa event kemarin merupakan momen pertama yang dilangsung­kan secara meriah untuk Devi. Anwar mengungkap­kan, kuda nil yang berusia lebih dari 30 tahun sangat jarang dimiliki KBS. ’’Hanya Devi dan Dona. Dona malah sudah berusia 37 tahun,’’ jelasnya. Anwar juga secara langsung memimpin doa untuk Devi di depan para pengunjung.

Sementara itu, Humas KBS Laily Widya Arisandi menyatakan, ulang tahun Devi juga melibatkan peran serta pengunjung. Yakni, melalui pembelian pin ulang tahun Devi. Pin tersebut bergambar foto Devi. Uang hasil penjualan akan didonasika­n untuk memenuhi kebutuhan makan Devi. (kik/c23/oni)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? MENU KOMPLET: Devi mendapat makanan istimewa saat perayaan ulang tahun ke-32 kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS MENU KOMPLET: Devi mendapat makanan istimewa saat perayaan ulang tahun ke-32 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia