Jawa Pos

Jamin Tetap Bangun Terminal Joyoboyo

-

SURABAYA – Polemik pengelolaa­n Terminal Joyoboyo dan dua terminal tipe B antara pemkot dan pemprov belum berakhir. Dua instansi tersebut masih mengklaim sebagai pengelola sah terminal. Kondisi itu mendapat atensi dari Komisi D DPRD Jatim.

Komisi yang membidangi pembanguna­n itu meminta rebutan pengelolaa­n tersebut diakhiri. Mereka berjanji mempriorit­askan pengembang­an terminal-terminal ’’ yang sudah diambil alih. Kami sudah menyiapkan solusi,’’ kata anggota Komisi D Basuki Babbussala­m kemarin.

Dia menjelaska­n, komisi D sudah menyurvei sejumlah terminal tipe B di Surabaya dan beberapa kabupaten/kota lain di Jatim. Hasilnya, kata Basuki, sebenarnya persoalan instansi mana yang berhak mengelola ’’ terminal tidak perlu diributkan. Di sejumlah daerah, terminal tipe B sudah diserahkan ke pemprov dan tidak ada masalah,’’ tuturnya.

Apalagi, pengalihan pengelolaa­n terminal merupakan keputusan pemerintah pusat. Karena itu, baik pemkot maupun pemprov ’’ wajib mematuhiny­a. Jangan sampai konflik ini membuat layanan publik malah terbengkal­ai,’’ kata politikus berlatar belakang pendidik itu.

Komisi D pasti mengalokas­ikan dana untuk operasiona­l maupun pengembang­an terminal-terminal tipe B yang diserahkan ke pemprov lewat perubahan APBD 2017. Termasuk sejumlah terminal yang masuk rencana pengembang­an. Komisi D juga memastikan bakal mempriorit­askan penambahan anggaran. Misalnya, Terminal Joyoboyo yang bakal dijadikan pemkot sebagai terminal intermoda angkutan masal cepat ’’ (AMC). Kita tidak menutup mata. Yang penting, kami berharap dualisme ini diakhiri terlebih dulu,’’ jelasnya.

Hingga kini, pengelolaa­n terminal tipe B di Surabaya masih belum jelas. Sejatinya, per Februari lalu terminal-terminal tersebut diserahkan pemkot ke pemprov. Namun, pemkot ternyata menolak. (ris/c15/oni)

 ?? GUSLAN GUMILANG/ JAWA POS ?? SAMA-SAMA NGOTOT: Kendati diminta Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya masih mempertaha­nkan pengelolaa­n Terminal Joyoboyo.
GUSLAN GUMILANG/ JAWA POS SAMA-SAMA NGOTOT: Kendati diminta Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya masih mempertaha­nkan pengelolaa­n Terminal Joyoboyo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia