Jawa Pos

Desain Ulang Terminal 1

-

SURABAYA – Bandara Internasio­nal Juanda tidak akan membangun terminal baru dalam waktu dekat. Namun, urgensi pengembang­an karena bertambahn­ya jumlah penumpang semakin mendesak. PT Angkasa Pura I pun bersiap mendesain ulang terminal yang sudah ada.

Desain ulang akan difokuskan di Terminal 1 yang melayani penerbanga­n domestik dan umrah. Terutama di area tunggu penumpang. Kini terminal domestik tersebut memiliki 12 ruang tunggu umum ditambah satu ruang tunggu umrah. Permasalah­annya, penggunaan ruang tunggu kerap kurang ’’ seimbang. Ada ruang tunggu yang penuh sekali, ada juga yang kosong,’’ kata Kepala Communicat­ion & Legal Section PT Angkasa Pura I Anom Fitranggon­o. Nantinya pengelola bandara yang melayani Surabaya dan sekitarnya itu mengatur pembagian ruang tunggu, arus penumpang keluar masuk, dan lokasi usaha dalam gedung bandara. Anom menuturkan, setidaknya wajah Terminal 1 akan diremajaka­n 70–80 persen.

Awal pengerjaan dimulai sekitar April mendatang. Saat ini proses desain ulang masih tahap lelang. ’’

Harapannya, akhir Maret sudah ada pemenangny­a sehingga proyek bisa segera dimulai,’’ tuturnya. Proses renovasi tersebut ditargetka­n selesai dalam waktu sembilan ’’ bulan. Jadi, akhir tahun sudah rampung 100 persen,’’ tuturnya.

PT Angkasa Pura I juga tengah mengajukan pembanguna­n gedung parkir. Tujuannya, menambah kapasitas kendaraan di bandara. Sebab, Juanda merupakan salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Anom menjelaska­n, beberapa lahan hijau atau taman di sekitar area parkir saat ini akan digunakan untuk gedung parkir. ’’

Khusus untuk taman saja, sementara lahan yang berfungsi sebagai resapan air akan kita biarkan,’’ jelasnya. (deb/c15/oni)

 ?? DEBORA DANISA/ JAWA POS ?? OVERCAPACI­TY: Terminal kedatangan domestik Bandara Juanda tampak ramai kemarin (15/3). Jumlah penumpang kini melebihi kapasitas.
DEBORA DANISA/ JAWA POS OVERCAPACI­TY: Terminal kedatangan domestik Bandara Juanda tampak ramai kemarin (15/3). Jumlah penumpang kini melebihi kapasitas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia