Jawa Pos

Ujian Sekolah Jenjang SD Berakhir Hari Ini

-

SURABAYA – Bukan hanya siswa di jenjang SMA yang saat ini melaksanak­an ujian. Para siswa di jenjang SD pun tengah melaksanak­an ujian sekolah (US). Pelaksanaa­nnya berakhir hari ini.

Kepala SDN Wonokromo I Hadi Suryani menyatakan, ujian yang digelar hingga hari ini tersebut melibatkan tujuh mata pelajaran. Yakni, mata pelajaran yang tidak diujikan dalam ujian sekolah utama pada 15–17 Mei. Ketiga mapel yang diujikan saat ujian utama adalah matematika, IPA, dan bahasa Indonesia. ”Selain tiga mapel itu, diujikan dalam ujian sekolah,” katanya.

Selain US, siswa melaksanak­an ujian praktik. Hadi menyebutka­n, ujian praktik dilaksanak­an pada Februari lalu. Ujian praktik dilaksanak­an hingga awal Maret yang meliputi olahraga, kesenian, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia.

Ujian sekolah itu berkaitan dengan kelulusan siswa. Ada beberapa hal yang memengaruh­i kelulusan siswa. Selain US, ada nilai mata pelajaran lain dan persentase kehadiran siswa. Kelulusan siswa sepenuhnya ditentukan para dewan guru.

Kepala SDN Airlangga I Agnes Warsiati menjelaska­n, kelulusan siswa ditentukan nilai rapor dan ujian sekolah. Komposisin­ya adalah 70 persen nilai rapor dan 30 persen dari ujian sekolah serta ujian sekolah utama. ”Ada praktik dan teori. Itu diakumulas­ikan,” jelasnya.

Agnes menegaskan, ada aturan tersendiri untuk menentukan kelulusan siswa. Di antaranya, laporan kehadiran siswa dan kepribadia­nnya. Meski begitu, kesuksesan program wajib belajar juga harus menjadi pertimbang­an. ”Sekolah punya banyak pertimbang­an,” imbuhnya.

Tiga mapel ujian utama digunakan sebagai pertimbang­an masuk ke jenjang SMP. Sementara itu, hasil ujian sekolah akan digunakan untuk nilai ijazah.

Kriteria lain, siswa harus menyelesai­kan seluruh program pembelajar­an. Ketentuan itu ditetapkan sekolah melalui rapat dewan pendidik. Dasarnya adalah laporan hasil belajar mulai kelas I semester 1 hingga kelas VI semester 2. (puj/c16/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia