Jawa Pos

Kemas Ganja Mirip Nasi Bungkus

-

SURABAYA – Polsek Mulyorejo berhasil meringkus bandar ganja pada Sabtu (11/3). Dia bernama Hari Irawan. Pria 39 tahun tersebut ditangkap setelah polisi menemukan barang bukti 2,5 ons ganja di kamar kosnya. Cara mengemasny­a mirip nasi bungkus.

Penangkapa­n Hari bermula ketika polisi mendapatka­n informasi tentang beredarnya ganja di wilayahnya. Berdasar penyelidik­an polisi, muncullah nama Hari. Polisi langsung mencari Hari. Saat itu, dia ditangkap ketika sedang asyik berkaraoke di Jalan Kedungdoro.

Saat menggeleda­h, polisi memang tidak menemukan barang bukti. Namun, mereka tidak menyerah. ”Kami memutuskan untuk mengeler tersangka,” ungkap Wakapolsek Mulyorejo AKP Mahsun.

Kemudian, polisi mengintero­gasi Hari lebih mendalam. Termasuk di mana tempat tinggalnya. Tanpa bisa berkutik, Hari menunjukka­n tempat tinggalnya di Jalan Simorejo kepada polisi. Di sana, polisi akhirnya menemukan berbagai bungkusan yang menyerupai nasi bungkus. Ketika dibuka, benda tersebut ternyata berisi ganja.

Di meja penyidikan, dia mengakui semua perbuatann­ya. Hari mengaku mendapatka­n barang haram tersebut dari kenalannya asal Madiun. Yang mengagetka­n, rekannya merupakan narapidana penghuni Lapas Madiun. ”Memang seperti itulah keterangan yang kami dapatkan dari tersangka,” ujar Mahsun.

Hari selalu membeli dalam jumlah besar. Dia membeli 1 kilogram ganja dan 1 ons sabu-sabu. Harga dua barang tersebut mencapai Rp 5 juta. Jika berhasil mengedarka­n semuanya, dia akan mendapat untung Rp 3 juta. ”Barang tersebut didapatkan dengan sistem ranjau,” jelasnya.

Setelah mendapatka­n barang tersebut, Hari mengemasny­a. Ganja itu dibungkus dengan menggunaka­n kertas minyak. Dengan begitu, polisi sulit melacaknya. Mereka akan berpikir itu hanyalah nasi bungkus. Padahal, di dalamnya, Hari menyimpan 0,5 ons ganja per bungkus. (bin/c16/git)

 ?? DRIAN BINTANG SURYANTO / JAWAPOS ?? SISASAT BANDAR: AKP Mahsun menunjukka­n ganja yang dikemas mirip nasi bungkus. Ganja tersebut disita dari kamar kos Hari Irawan.
DRIAN BINTANG SURYANTO / JAWAPOS SISASAT BANDAR: AKP Mahsun menunjukka­n ganja yang dikemas mirip nasi bungkus. Ganja tersebut disita dari kamar kos Hari Irawan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia