Jawa Pos

Badan Sehat Plus Tulang Tegap

-

SIDOARJO – Kalau mau sehat dan bugar, jawabannya pasti olahraga. Banyaknya jenis olahraga yang bisa dipilih kadang malah membikin malas. Apa salahnya mencoba belly dance atau tarian perut? Tidak perlu bingung. Gerakan-gerakan dasarnya menyenangk­an dan bisa diterapkan di rumah.

Beberapa teknik dasar yang simpel dikenalkan salah satu instruktur belly dance Kota Delta Anita Ratna Damayanti. Perempuan 38 tahun itu berbagi tip melakukan gerakan tarian perut untuk pemula. ’’Pokoknya mau belajar,’’ tuturnya saat ditemui di Tivoli Sport Center.

Pertama, Anita mengenalka­n gerakan pemanasan yang memadukan teknik yoga dan senam lantai. Istilahnya semiyoga. Anita lantas tidur telentang dan mengangkat kedua kakinya. Tubuhnya membentuk huruf L untuk beberapa saat. ’’Relaksasi dulu sambil memanaskan otot-otot badan,’’ katanya.

Dari gerakan yang terkesan mudah itu, peregangan otot paha dan perut sudah terjadi. Jika bisa, kaki sedikit diangkat perlahan. Latihan itu memperkuat otot di area tulang belakang. Lalu, Anita berdiri. Dia memperagak­an gerakan kedua, yaitu membentuk perut cembung dan cekung. Anita mampu menarik perutnya ke dalam hingga berbentuk layaknya cekungan. ’’Ini penekanan perut. Fungsinya buat melemaskan otot-otot pinggang sama perut. Jadi, nanti pas buat nari nggak sengkil,’’ papar koordinato­r belly dance Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Sidoarjo tersebut.

Rampung menyelesai­kan gerakan itu, dia beranjak ke gerakan yang biasa disebut massage payudara. ’’Ini perempuan pasti pengin tahu caranya,’’ ucapnya, lalu tertawa.

Dengan badan tegap dan bahu sedikit membuka, Anita memutar bagian dada ke depan. Dua kawan di belakangny­a, Tety Ratna Sari dan Prasetyani­ng Utami, mengikuti. Gerakan memutar yang dihasilkan itu cenderung patah-patah supaya otot-otot di sekitar payudara lemas. ’’Kalau dilatih sejak usia dini, bisa bikin tulang belakang sama bahu proporsion­al,’’ tutur Anita.

Terakhir, Anita melakukan empat gerakan sekaligus secara berurutan. Mulai gerakan maya, yaitu meliukkan badan ke kanan dan ke kiri seperti badan gitar. Juga, menggetark­an bahu atau disebut shoulder shake hingga bergoyang layaknya membentuk angka delapan. (via/c15/dio)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? TEKNIK DASAR: Dari kiri, Prasetyani­ng Utami, Anita Ratna Damayanti, dan Tety Ratnasari menunjukka­n gerakan-gerakan belly dance yang bermanfaat bagi tubuh.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS TEKNIK DASAR: Dari kiri, Prasetyani­ng Utami, Anita Ratna Damayanti, dan Tety Ratnasari menunjukka­n gerakan-gerakan belly dance yang bermanfaat bagi tubuh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia